• Indonesia
Jangan Abaikan Kesulitan Membangun Bisnis Restoran Ini!
Peluang Usaha

Jangan Abaikan Kesulitan Membangun Bisnis Restoran Ini!

Restoran kian menjadi primadona bisnis di pusat kota, pendidikan dan perkantoran. Bagaimana tidak, makan menjadi kebutuhan pokok bagi setiap orang baik itu yang muda maupun tua. Dan letak bisnis yang strategis ini mampu menghasilkan banyak keuntungan. Namun, kesulitan membangun bisnis restoran ini kerap kali ditemui para pengusaha.

Tidak dapat dipungkiri meski sudah semaksimal apapun, hampir tak ada bisnis yang tak menuai hambatannya. Termasuk dalam pengolahan dan penyajian makanan ini. Banyak faktor yang bisa mendatangkan kesulitan dalam bisnis, bisa dari internal maupun eksternal.

Pelajari Semua Hal yang Dapat Mendatangkan Kesulitan Membangun Bisnis Restoran Ini!

Meskipun kesulitan tersebut mungkin sulit ditebas, bukan berarti menjadi momok yang menakutkan Anda. Justru jadikanlah menghindari atau mengatasi kesulitan tersebut sebagai challenge yang harus Anda selesaikan. Apa sajakah kesulitan tersebut? Cek semuanya di bawah ini!

1. Bahan Baku Berkualitas Harga Miring

Bahan baku yang berkualitas tentu yang melalui proses penanaman yang baik dan penyortiran terintegrasi, seperti yang dijual di supermarket atau swalayan khusus sayur dan buah-buhan. Jadi bisa dipastikan yang masuk ke display adalah bahan pangan yang benar-benar berkualitas dan telah memenuhi standar baku mutu konsumsi.

Lain ceritanya jika Anda belanja di pasar tradisional, yang mana stok sayuran dan bahan pangan lainnya tak tersortir secara detail karena besarnya stok dari petani. Jadi, bisa jadi dari sayuran yang luarnya terlihat bagus, ternyata di dalamnya terdapat bagian yang terkoyak karena dimakan ulat.

Kalau Anda mau mencari harga yang miring dan barang berkualitas di pasar tradisional, maka Anda harus benar-benar teliti. Periksa sampai ke dalam-dalamnya!

2. Koki Profesional

Hampir semua bisnis restoran mempekerjakan koki yang handal dan profesional. Karena koki inilah yang menjadi akar kesuksesanĀ bisnis tersebut, di samping tampilan interior dan eksterior restoran.

Sayangnya koki yang profesional bukan perkara mudah untuk dicari. Anda harus menyiapkan serangkaian tahap seleksi administrasi dan tes untuk menjaringnya. Atau bisa juga mencari lewat sekolah masak atau lembaga kursus masak. Tentunya Anda pun harus tahu konsekuensinya jika koki seperti ini membutuhkan bayaran yang cukup tinggi.

3. Daya Saing

Kesulitan membangun bisnis restoran yang satu ini memang gampang-gampang susah untuk dihadapi. Sebagai primadona bisnis, tentu saja bisnis restoran memiliki pesaing yang tidak sedikit. Terlebih bila letaknya di pusat kota atau keramaian.

Setiap restoran berlomba-lomba menjaring pelanggan sebanyak-banyaknya dengan melakukan banyak cara. Salah satunya dengan promosi besar-besaran. Dalam pengadaan promosi ini, kadang kala pemilik restoran harus menelan pil pahit karena kerugian. Yang mana secara logika, semakin bagus kualitas bahan bakunya maka semakin mahal pula harga belinya.

Sedangkan dalam promosi, makanan enak dengan harga murah menjadi incaran pelanggan.

4. Fasilitas di Luar Menu

Saat ini pelanggan yang datang ke restoran tidak hanya mencari makanan yang enak. Tetapi juga fasilitas lain di luar itu yang dapat membuatnya betah. Seperti koneksi internet gratis atau Wi-Fi, nonton bola bareng atau nobar, live music, spot foto instagramable, pemandangan indah dan lain-lain.

Semakin banyak fasilitas tambahan yang akan diadakan maka semakin banyak pula biaya yang dibutuhkan pemilik restoran untuk merealisasikannya. Lagi-lagi terkait finansial yang membuat para pengusaha restoran ini harus memutar otak untuk mencari solusi yang tepat.

Setelah mengetahui beberapa kesulitan membangun bisnis restoran di atas, Anda diharapkan dapat membuat restoran versi Anda dengan bijak. Tetaplah semangat meraih impian!

You can share this post!

Comments