• Indonesia
Jenis Aset yang Bisa Dijaminkan Kredit di Pegadaian
Keuangan

Jenis Aset yang Bisa Dijaminkan Kredit di Pegadaian

Banyak kebutuhan mendesak yang membuat seseorang harus memperoleh dana segar secara cepat. Salah satu cara mendapatkan dana segar adalah dengan menjual aset yang dimiliki seperti emas atau kendaraan bermotor. Tapi jika aset tersebut dijual, maka kemungkinan untuk mendapatkan kembali aset tersebut dengan waktu singkat sangat kecil. Inilah yang membuat banyak orang berpikir untuk menggadaikan asset di pegadaian demi mendapatkan pinjaman. Aset inilah yang dijadikan sebagai jaminan kredit.

Ketentuan menggadaikan barang di pegadaian

Ada beberapa ketentuan yang harus diperhatikan sebelum menggadaikan barang Anda di pegadaian. Ketentuan tersebut antara lain:

  1. Barang yang digadaikan memiliki nilai gadai, artinya tak setiap barang yang digadaikan dapat dijadikan jaminan, hanya barang yang memenuhi nilai taksiran yang bisa memperoleh pinjaman. Dan nilai taksiran inilah yang akan mempengaruhi besarnya pinjaman tersebut.
  2. Biaya administrasi, untuk memperoleh pinjaman terdapat biaya administrasi sebesar 1% dari nilai pinjaman yang bisa dibayarkan tunai maupun dipotong dari total pinjaman.
  3. Jangka waktu pinjaman, terdapat jangka waktu peminajaman yang cukup bervariasi, dan jika jangka waktu tersebut telah berakhir maka Anda harus menebus barang yang dijaminkan sejumlah nilai pinjaman dan biaya sewa modal atau jasa penitipan.
  4. Pelunasan, meskipun belum jatuh tempo penebusan barang namun Anda bisa menebus barang yang Anda jaminkan. Semakin cepat Anda mengembalikan pinjaman maka semakin kecil pula biaya yang dikeluarkan untuk jasa penitipan atau sewa modal.
  5. Lelang, pelelangan akan dilakukan jika Anda tidak menebus barang yang digadaikan atau memperpanjang masa pinjamnya. Jika saat dilakukan lelang terdapat sisa maka Anda akan mendapatkan sisa tersebut, namun jika kurang maka Anda harus membayar kekurangannya.

Aset apa saja yang bisa dijaminkan di pegadaian?

Ada beberapa jenis barang atau aset yang bisa dijaminkan untuk mendapatkan kredit di pegadaian. Aset tersebut antara lain:

Emas

Meskipun untuk mendapatkan dana segar Anda bisa langsung menjual emas yang Anda punya karena likuiditasnya tinggi, namun Anda bisa menggadaikannya di pegadaian. Untuk pencairan dana dengan jaminan emas, Anda akan mendapatkan perolehan 85% dari nilai emas. Tak ada syarat khusus untuk aset ini, cukup membawa fotokopi KTP dan sertifikat emas maka Anda dapat langsung mencairkan dana.

Kendaraan bermotor

Kendaraan bermotor seperti mobil atau motor juga dapat dijaminkan untuk memperoleh pinjaman. Syaratnya hanya membawa STNK dan BPKB kendaraan yang Anda miliki. Untuk motor, minimal produksi kendaraan adalah 5 tahun, sedangkan untuk mobil minimal harus diproduksi 10 tahun. Merk kendaraan juga harus yang telah dikenal umum dan bukan produk dari China.

Gadget

Pegadaian juga menerima jaminan kredit berupa gadget seperti smartphone dan juga laptop.  Untuk laptop, syaratnya harus sudah memiliki prosesor Core i3 dan untuk smartphone harus dengan model terbaru yang dilengkapi dengan kuitansi pembelian serta aksesoris.

Barang elektronik

Barang elektronik seperti TV, kulkas, mesin cuci dan lain sebagainya juga bisa digadaikan dengan syarat maksimal produksinya adalah 1 tahun. Barang juga harus utuh dengan dilengkapi kuitansi pembelian dan kartu garansi.

Kamera

Selain barang elektronik, kamera juga bisa dijadikan jaminan kredit di pegadaian. Kamera yang dimaksud disini adalah kamera DSLR dan mirrorless yang masih baru dengan jangka waktu maksimal pemakaian adalah 1 tahun.

Itu dia jenis-jenis dan juga ketentuan mengenai aset yang bisa dijaminkan untuk memperoleh pinjaman di pegadaian. Semoga bermanfaat.

You can share this post!

Comments