• Indonesia
Jenis-jenis Perdagangan Internasional, Apa Saja?
Perdagangan

Jenis-jenis Perdagangan Internasional, Apa Saja?

Perdagangan internasional merupakan aktivitas jual beli barang atau jasa antar warga dari suatu Negara dengan warga yang ada di Negara lain. Aktivitas tersebut bisa terjadi jika ada kesepakatan dari dua belah pihak. Kesepakatan itu bisa bersifat perorangan maupun kelompok.

Proses transaksi pada perdagangan internasional secara langsung bisa membawa dampak positif bagi perekonomian suatu negara, khususnya Indonesia. Inflasi sebuah Negara salah satunya bisa disebabkan oleh kegiatan perdagangan internasional yang menjadi salah satu indikator pertumbuhan ekonomi di Negara tersebut.

Adanya perdagangan antar Negara ini tidak lain karena adanya kebutuhan masyarakat yang semakin meningkat. Semakin banyak penduduk di suatu Negara dan meningkatnya persaingan, semakin bertambah juga minat individu maupun kelompok untuk melakukan perdagangan internasional.

Adapun beberapa jenis perdagangan Internasional, yaitu sebagai berikut:

1. Ekspor

Ekspor adalah kegiatan ekonomi berupa penjualan barang dari dalam negeri ke luar negeri. Misalnya, Indonesia menjual rempah-rempah, pakaian, tekstil, produk hasil hutan, dan lain sebagainya ke berbagai Negara.

Saat melakukan eksport, ada dua cara yang bisa Anda lakukan, yaitu dengan eskpr biasa dan ekspor tanpa L/C. Perbedaan dari kedua cara tersebut terlatak pada sistem pembayarannya.

Ekspor biasa merupakan penjualan barang ke luar negeri dengan berbagai persayaratan yang berlaku yang nantinya akan diteruskan pada pembei menggunakan L/C.

Sedangkan ekspor tanpa L/C akan terjadi jika Departemen Perdagangan memberikan izin khusus.

2. Impor

Impor merupakan kebalikan dari ekspor. Aktivitas yang satu ini, yaitu membeli barang dari luar negeri. Misalnya, Indonesia melakukan impor mesin-mesin, peralatan listrik, kendaraan, bahan kimia organic, dan lain sebagainya dari berbagai Negara.

3. Barter

Seperti yang diketahui, barter merupakan proses transaksi dengan cara saling menukarkan barang. Proses pertukaran ini harus melalui proses penentuan nilai barang terlebih dahulu, lalu ditukar dengan barang yang memiliki nilai yang sama dan disepakati.

Di Indonesia sendiri, ada berbagai wilayah yang masih melakukan proses barter, diantaranya Pasar Flores di Nusa Tenggara Timur, Alor di Nusa Tenggar Timur dan Dili, dan Pasar Terapung Lok Baintan di Kalimantan Timur.

4. Konsinyasi

Anda pasti pernah melihat seorang penjual yang menitipkan barang untuk dijual di sebuah warung atau distro untuk skala besar. Proses transaksi menitipkan barang seperti contoh tersebut dinamakan dengan konsinyasi.

Konsinyasi dalam ruang lingkup internasional berupa barang-barang yang akan dijual dititipkan terlebih dahulu di pasar internasional sampai ada pembeli. Proses penjualannya dilakuan dengan cara dilelang melalui bursa dagang atau pasar bebas.

5. Package Deal

Package deal merupakan perdagangan internasional yang bertujuan untuk memberikan jangkauan pasar yang lebih luas terhadap suatu produk. Perdagangan ini dilakukan melalui proses trad agreement atau perjanjian dagang dengan suatu Negara.

Isi perjanjian tersebut mencangkup ketentuan jumlah barang yang akan diimpor maupun yang akan diekspor ke suat Negara tertentu.

6. Border Crossing

Border crossing merupakan proses jual beli yang terjadi di Negara yang saling berbatasan. Adapun tujuannya, yaitu untuk memudahkan masyarakat yang ada di Negara perbatasan untuk mendapatkan barang-barang yang dibutuhkan.

Perdaganan ini bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu:

  1. Sea Border Crossing
    Sea border crossing merupakan sistem perdagangan antar Negara yang memiliki batas berupa lautan. Perdagangan ini dilakukan atas dasar ketentuan dan syarat yang berlaku.

  2. Overland Border Crossing
    Sedangkan overland border crossing merupakan sistem perdagangan antar Negara yan memiliki batas berupa daratan. Perdagangan ini juga dilakukan atas dasar ketentuan dan syarat yang berlaku.

Demikianlah jenis-jenis perdagangan internasional yang harus diketahui. Semoga artikel ini bermanfat dan bisa menambah wawasan dan pengetahuan Anda.

 

You can share this post!

Comments