• Indonesia
Kaesang Pangarep Diam-diam Seorang Trader, Ini Dia Tips Aman Main Investasi Saham
Investasi

Kaesang Pangarep Diam-diam Seorang Trader, Ini Dia Tips Aman Main Investasi Saham

Siapa pun pasti kenal dengan putra bungsu Presiden Joko Widodo yang bernama Kaesang Pangarep. Selain menjadi Youtuber dan menjalankan bisnis di bidang kuliner, ternyata si bungsu juga bermain trader saham. Menurutnya, investasi saham cukup mudah untuk dijalankan, serta mendatangkan keuntungan.

Bersama sahabat karibnya yang bernama Kevin Hendrawan, ia bahkan sudah mendirikan komunitas saham rakyat di Instagram. Keduanya ingin mengajak para pemuda untuk melek dengan dunia investasi, mandiri dengan hasil keringat sendiri. Lantas, amankah untuk pemula?

Tips Aman Investasi Saham

Bermain di pasar saham memang dapat dijadikan sebagai langkah untuk mengumpulkan pundi-pundi uang. Bahkan, konon return back-nya dapat mencapai beratus-ratus persen dalam waktu sekejap. Namun, bukan tanpa perjuangan, ada hal-hal mengenai tips aman dalam investasi saham yang harus dipelajari. Seperti:

1. Pahami Cara Kerja Saham

Segala sesuatu ada ilmunya, begitu juga saat memutuskan untuk bermain saham. Jangan hanya tergiur dengan angka besar yang kemungkinan akan didapatkan, karena semua itu juga butuh proses. Tidak semudah transfer lalu untung, nanti yang ada malah buntung.

Bagi seorang pemula, mempelajari esensi investasi saham yang sesungguhnya itu sangat penting. Sebab, saham bertindak sebagai bukti kepemilikan suatu perusahaan. Lantas, apakah akan mempercayakan perusahaan begitu saja dengan orang-orang tidak bertanggung jawab?

2. Main Aman dengan Saham Blue-Chip

Jika masih kesulitan untuk mencerna tentang dunia saham, lebih baik main aman dengan membeli saham blue-chip. Saham blue-chip adalah saham milik perusahaan-perusahaan terbaik yang ada di bursa efek. Seperti bank BCA (kode BBCA), Unilever Indonesia (kode UNVR), atau bank BRI (kode BBRI).

Tidak ada patokan pasti tentang saham jenis ini, tetapi dapat dikenali dari kapitalisasi pasar yang besar dan sering hilir mudik di pasar bursa. Dengan begitu, investor tidak perlu terlalu cemas dengan dananya.

3. Pilih Jangka Panjang

Poin ini memang tidak mudah untuk dilakukan, terutama bagi pemain pemula. Biasanya, orang merasa tidak sabaran untuk mencicipi keuntungan dalam investasi saham. Hal ini memang manusiawi, tetapi kembali bali pada poin pertama, semua butuh waktu dan proses. Oleh karena itu, bersabarlah sedikit.

4. Diversifikasi Investasi

Pelajaran penting dalam dunia investasi adalah jangan menempatkan semua dana di dalam satu tempat. Oleh karena itu, akan lebih aman untuk menerapkan diversifikasi investasi atau penganekaragaman investasi. Selain saham, tidak ada salahnya untuk sedikit menyisihkan dana untuk membeli tanah, property, atau emas.

5. Sekuritas Terpercaya

Sekuritas bertindak sebagai perantara atau pihak ketiga antara investor dan perusahaan pemilik saham. Bagi pemula, menggunakan jasa sekuritas dapat menjadi solusi untuk mengelola keuangan. Namun, pastikan memilih perusahaan sekuritas terpercaya, agar dana dapat memberikan keuntungan maksimal.

6. Trading Saham Online

Hal inilah yang dilakukan oleh Kaesang Pangarep, yaitu melakukan trading saham secara online. Langkah ini memang dapat memberikan keuntungan besar hanya dalam rentang waktu harian, mingguan, atau bulanan. Namun, tidak disarankan bagi pemula, karena selaras dengan return back, risikonya juga jauh lebih besar.

Gambaran sederhanya begini, harga saham terus berubah setiap hari, kadang naik sedikit dan turun banyak. Oleh karena itu, investor harus selalu memantau pergerakan IHSG setiap waktu, tidak dapat dijadikan sampingan. Sementara bisnis membutuhkan waktu untuk dapat mendatangkan keuntungan.

Memang, jika dipikir-pikir bermain investasi saham tidaklah mudah. Namun, akan sebanding dengan hasil yang diperoleh, jika mau melakukannya dengan sungguh-sungguh. Mulailah dengan modal berapa pun yang dimiliki, karena sesuatu akan menghasilkan jika dikerjakan, bukan hanya diperhitungkan.

 

You can share this post!

Comments