• Indonesia
Kenaikan Transaksi Digital di Sejumlah Bank Meroket Selama Pandemi
Keuangan

Kenaikan Transaksi Digital di Sejumlah Bank Meroket Selama Pandemi

Selama pandemi Covid-19, kenaikan transaksi perbankan digital sangat signifikan. Beberapa bank mengalami kenaikan transaksi digital, termasuk untuk kelompok bank pembangunan daerah.

Raden Agus Trimurjanto Direktur Pemasaran PT Bank Pembangunan Daerah DI Yogyakarta (BPD DIY) mengatakan selama pandemi pengguna dan penggunaan digital banking perseroan meroket tinggi. Pada akhir tahun lalu, pengguna mobile banking BPD DIY Mobile hanya 27.865 pengguna, lalu pada bulan Agustus 2020 menjadi 44.606 pengguna atau naik sebesar 62 persen.

Perkembangan digital banking BPD DIY sangat signifikan selama pandemi Covid-19. Digital banking sangat membantu masyarakat dalam bertransaksi, menjalankan usaha, dan membayar kewajiban-kewajibannya.

BPD DIY Mobile menyediakan sejumlah layanan seperti penarikan uang tanpa kartu, transaksi transfer, pembayaran uang kuliah, billing atau tagihan, pembayaran pajak retribusi, dan QRIS. Raden Agus mengatakan hampir semua layanan ada dalam mobile banking BPD DIY. Kedepannya mereka akan terus mengembangkan layanan digital banking dengan agen laku pandai dan meningkatkan kapasitas dari data center.

Namun, Agus tidak menampik bahwa SDM tetap menjadi kendala dalam proses pengembangan. Meskipun begitu, Agus menjelaskan bahwa bagian IT mereka tidak akan melakukan inhouse melalui vendor sehingga keamanan bisa terjaga dengan baik. BPD DIY juga akan mengalokasikan jumlah SDM yang memadai dengan kapasitas yang memadai.

Selain BPD DIY, kenaikan transaksi digital banking juga dialami oleh Bank Sulselbar. Irmayanti Sultan Pelaksana tugas Direktur Umum Bank Sulselbar mengungkapkan sejak awal pandemi di bulan Maret 2020, pengguna Sulselbar Mobile berada di angka 41.859 pengguna. Pada bulan Agustus 2020 pengguna Sulselbar Mobile meningkat menjadi 64.782 pengguna atau naik sebesar 54,76 persen.

Data transaksi digital pada bulan Januari sebelum pandemi sebanyak 230.178 perbulan. Saat puncak pandemi di bulan April hingga Juli 2020, transaksi digital Sulselbar Mobile menjadi 523.238 atau naik sebesar 127,32 persen.

Peningkatan kinerja digital banking Bank Sulselbar didorong dengan berbagai promo yang ditawarkan. Penawaran promo melalui digital banking bertujuan untuk mencegah penyebaran virus Covid-19 dan agar nasabah tidak pindah ke bank lain.

Irma juga mengatakan Bank Sulselbar masih terus aktif dalam pengembangan fitur dalam aplikasi mobile banking tahun ini. Fitur tersebut diantaranya yaitu penambahan fitur costumer on boarding, peningkatan kerja sama pembayaran layanan PBB, perluasan biller, perluasan pembayaran pajak kendaraan bermotor, penambahan fitur pinjaman online, dan peningkatan sistem keamanan.

Pengembangan digital banking memiliki beberapa kendala seperti mahalnya biaya investasi. Namun, Bank Sulselbar mengatasi kendala tersebut dengan bekerja sama bersama perusahaan teknologi finansial dan e-commerce. Kolaborasi merupakan strategi untuk percepatan dan menghindari persaingan yang lebih tinggi.

Sosialisasi teknologi pada internal perusahaan perseroan terus berjalan. SDM di Bank Sulselbar didorong perlahan untuk menciptakan inovasi dan digital mindset dengan adanya reward dan sistem KPI.

Bank lainnya yang juga meningkatkan layanan digital banking yaitu PT Bank CIMB Niaga Tbk. Bank CIMB Niaga akan melakukan pemutakhiran layanan digital perbankan menggunakan platform digital mitra melalui Application Programming Interface (API). Melihat meroketnya transaksi digital banking membuat Bank CIMB Niaga berupaya untuk adaptif dan agile terhadap perubahan ekosistem digital.

Bank CIMB Niaga melakukan kolaborasi dengan sejumlah perusahaan e-commerce, fintech, dan perusahaan startup melalui platform API. Pengembangan API akan memperluas akses masyarakat dalam layanan perbankan dan menambah mitra kerja sama. Di dalam API terdapat berbagai akses produk dan layanan yang bisa dipilih oleh nasabah.

OCTO Cash merupakan salah satu produk Bank CIMB Niaga yang menggunakan keunggulan dari API. OCTO Cash akan menyelesaikan transaksi dengan cepat, mudah, dan aman menggunakan aplikasi e-commerce yang sudah bekerja sama dengan CIMB Niaga.

You can share this post!

Comments