• Indonesia
Kenali 5 Modus Penipuan ATM yang Sering Terjadi!
Keuangan

Kenali 5 Modus Penipuan ATM yang Sering Terjadi!

ATM atau Automated Teller Machine merupakan salah satu mesin yang bisa membantu Anda dalam melakukan transaksi. ATM tentu saja memiliki berbagai keunggulan, di antaranya mampu memberikan pelayanan yang tepat dan cepat, kemudahan dalam menggunakan layanan perbankan, fitur transaksi yang lengkap, dan masih banyak lagi.

Namun, dengan adanya kemudahan teknologi ini, banyak oknum-oknum tidak bertanggung jawab yang melakukan modus penipuan. Modus-modus ini umumnya berhasil dilakukan karena banyak orang yang masih percaya dengan trik tersebut. Pada akhirnya, tidak sedikit juga yang mengalami kerugian akibat ulah dari oknum-oknum jahat. Penipuan ini tentu saja terjadi tidak hanya di satu tempat saja, melainkan hampir di seluruh kota.

Oleh karena itu, agar Anda tidak tertipu dengan instruksi atau tindakan-tindakan penipuan, simak ciri modus penipuan ATM berikut ini.

1. Hipnotis

Umumnya, ilmu hipnotis ditujukan untuk kesehatan dan keperluan positif lainnya. Namun, orang jahat tentu saja akan menyalahgunakan ilmu yang satu ini. Modus hipnotis biasanya terjadi sebelum Anda menggunakan ATM. Si pelaku akan menyentuh pundak atau menatap Anda, kemudian hipnotis pun terjadi. Jika ini sudah terjadi, Ia akan meminta Anda untuk mengambil sejumlah uang, kemudian diberikan kepadanya dalam nominal yang tiak sedikit.

2. Mengganjal Mesin ATM

Modus kejahatan seperti ini banyak terjadi di beberapa daerah. Si pelaku akan senagaja emnyumbat atau mnegganjal bagian slot mesin ATM, sehingga kartu ATM anda bisa terperangkap. Modusnya, ia akan berpura-pura untuk menawarkan bantuan untuk mengeluarkan kartu tersebut. Disaat yang bersamaan pula, ia akan melihat Anda memasukan pin ATM dan ia akan mengingat-ngingat angkanya untuk dihack.

Jika hal ini terjadi, segeralah meminta bantuan petugas terdekat. Jangan sembarangan menerima tawaran dari orang yang tidak dikenal untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

3. Menggunakan Alat Skimming

Modus penipuan selanjutnya terbilang cukup canggih karena menggunakan bantuan alat yang tidka biasa. Misalnya, pelaku akan menggunakan pemindai megnetik atau skimmer, dudukan slot pada mesin ATM, dan bantuan perangkat kamera. Saat Anda bertransaksi menggunakan ATM tersebut, seluruh data akan terekam melalui alat pemindai yang disematkan pada mesin tadi. Dengan demikian, si pelaku bisa mengambil uang Anda kapan saja karena nomor pin ATM sudah terekam.

4. Memberikan Nomor Call Center Palsu

Untuk melancarkan aksi penipuan, pelaku akan menyebarkan nomor call center bank yang bersangkutan melalui selembaran kertas. Sebelumnya, pelaku akan membuat mesin ATM rusak, sehingga Anda akan sedikit kesulitan untuk melakukan transaksi. Jika sudah terjebak, hal pertama yang Anda lakukan pasti menghubungi nomor call center di selembaran kertas tadi yang ia bagikan.

Modus ini lalu berlanjut dengan si pelaku yang mengarahkan Anda untuk mengikuti instruksinya. Mau tidak mau, Anda mengikutinya karena panik tidak tau harus berbuat apa. Dalam hitungan sekejap saja, bisa-bisa nominal yang ada di ATM ludes tidak bersisa.

5. Penukaran Uang

Modus yang terakhir, si pelaku akan berpura-pura membutuhkan uang. Caranya, ia akan meminta Anda untun mengirim sejumlah uang ke rekening tertentu, dan ia akan mengembalikannya dalam bentuk tunai. Namun, biasanya si pelaku akan mengembalikan uang tersebtu menggunakan uang palsu.

Itulah lima modus penipuan ATM yang perlu Anda waspadai. Menurut Corporate Secretary Bank Rakyat Indonesia, Bambang Tribaroto, jika ATM Anda tertelan atau mengalami gangguan lainnya, segera hubungi nomor call center terdekat. Jangan meminta bantuan siapapun jika tidak ingin terjebak dalam modus penipuan.

 

You can share this post!

Comments