• Indonesia
Kenali Jenis Asuransi Mobil Ini Sebelum Mendaftar!
Asuransi

Kenali Jenis Asuransi Mobil Ini Sebelum Mendaftar!

Asuransi memang belum populer di Indonesia seperti di negara lain. Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa asuransi mobil sangat penting mengingat semakin banyak kendaraan. Apalagi di kota-kota besar.

Biasanya, jika Anda membeli mobil baru otomatis dealer akan memasukkannya ke dalam transaksi. Semua sudah didaftarkan.

Bagaimana dengan mobil yang Anda beli second atau bekas? Bagaimana pula dengan mobil yang sudah habis massa asuransinya?

Sebelum kamu memutuskan untuk melanjutkan asuransi yang ada. Anda harus membaca artikel kali ini!

Jenis Asuransi Mobil yang Wajib Dikenali!

Tidak banyak yang tahu kalau ternyata asuransi ada banyak macamnya. Pemilihannya akan berpengaruh kepada premi yang dibayarkan dan klaim yang diterima.

Nah, daripada Anda menyesal karena tidak mendapatkan klaim sesuai harapan, kenali dulu beberapa jenis asuransi di bawah ini!

1. Asuransi Total Lost Only

Total Lost Only atau disingkat menjadi asuransi mobil TLO sesuai dengan namanya merupakan asuransi yang hanya dapat memberikan tanggungan jika terjadi kerusakan menyeluruh.

Kerusakan yang dimaksud berarti minimal 75 %, di mana mobil tidak dapat digunakan lagi.

Asuransi TLO biasanya diberikan pada mobil dengan usia mesin di atas 5 tahun.

Kelebihannya, premi yang dibayarkan jauh lebih rendah daripada jenis asuransi kendaraan lain.

2. Asuransi All Risk

Sama dengan jenis asuransi sebelumnya, sesuai dengan nama “all risk’ berarti asuransi menanggung segala jenis kerusakan.

Mobil Anda tergores sedikit saja dapat diklaim perbaikannya. Apalagi yang besar.

Hanya saja, sesuai dengan resiko yang ditanggung pihak perusahaan asuransi ini membayarkan premi lebih besar dibandingkan TLO.

Mobil yang sudah berusia di atas 5 tahun biasanya sudah tidak dapat mendaftar jenis asuransi all risk. Ini mungkin disebabkan kerusakan mesin yang sudah berusia tua dapat lebih sering terjadi.

3. Asuransi Comprehensive

Asuransi comprehensive artinya pertanggungan menyeluruh.

Beberapa orang mengategorikan asuransi ini sama dengan all risk. Namun, kenyataannya di lapangan asuransi all risk biasanya hanya mencakup kerusakan kendaraan ketika kecelakaan saja. Sementara, ketika kendaraan digunakan mungkin saja terjadi hal-hal lain, seperti:

  1. Mobil rusak karena kerusuhan.
  2. Mobil rusak karena bencana alam; banjir, gempa bumi, dan lain-lain.
  3. Kecelakaan mengakibatkan kerusakan kendaraan lain.
  4. Kecelakaan ketika kendaraan digunakan oleh orang lain.
  5. dan sebagainya.

Nah, hal tersebut dicakup oleh asuransi comprehensive. Hal-hal yang ingin ditambahkan dimasukkan ke dalam perjanjian asuransi all risk. Tentu saja penambahan ini akan meningkatkan biaya premi yang harus dibayar pula.

Langkah Cerdas Memilih Asuransi Mobil

Apa yang harus dilakukan setelah mengetahui jenis asuransi di atas? Ini beberapa hal yang dapat Anda pertimbangkan pula ketika memilih asuransi:

  1. Bandingkan harga premi setiap perusahaan asuransi dengan pertanggungan yang sama. Pemerintah (OJK) tidak menetapkan premi pasti asuransi. Hanya diberi kisaran saja.
  2. Perhatikan pelayanan yang diberikan, ini akan membantu kamu saat klaim asuransi. Jika saat mendaftar saja sulit, apalagi ketika mengajukan klaim.
  3. Tanyakan bengkel yang melayani klaim. Hal ini juga penting, mengingat kecelakaan dan mobil dapat bermasalah kapan saja dan di mana saja.
  4. Kenali pula caramenghitung biaya premi dan apa saja yang mempengaruhi. Mobil dapat saja sama dengan teman tetapi premi yang dibayarkan bisa saja berbeda. Tahun kendaraan, harga, plat nomor, dan lain-lain sangat mempengaruhi.

Itulah beberapa hal tentang asuransi mobil yang harus Anda ketahui sebelum mendaftarkannya. Semoga bermanfaat!

 

You can share this post!

Comments