• Indonesia
Kenali Kelebihan dan Kekurangan Investasi Properti Ini Sebelum Memulainya!
Properti

Kenali Kelebihan dan Kekurangan Investasi Properti Ini Sebelum Memulainya!

Bisnis properti memang menghasilkan keuntungan cukup banyak dalam hal materi. Apalagi dibandingkan dengan investasi logam mulia misalnya. Logam mulia tidak terkena dampak inflasi tetapi nilainya naik tidak signifikan.

Namun, investasi properti tidak memberikan keuntungan secara instan. Kamu harus sabar dan cermat dalam memilih. Meskipun mempunyai uang cukup,  tidak semua orang dapat menjalankannya.

Kelebihan Investasi di Bidang Properti

Memang sebaiknya sebelum berinvestasi, dengan jenis produk apapun sebaiknya kamu mengenali. Kamu harus tahu benar bagaimana cara kerjanya sehingga tidak merasa dirugikan. Selain itu, dengan tahu produk, resiko lebih sudah siap dihadapi.

Demikian pula dengan investasi yang sering disebut juga bisnis di bidang properti. Kelebihan dan kekurangannya sebaiknya dicermati sebelum memutuskan.

Kelebihan investasi tersebut, yaitu:

  1. Resiko Rendah

Tidak seperti investasi saham, properti mempunyai resiko yang cukup rendah. Properti tidak sesensitif saham dalam pergerakannya. Coba saja kamu perhatikan, goncangan ekonomi sedikit saja nilai saham akan naik turun. Apalagi jika perusahaan yang sahamnya kamu miliki mengalami masalah, nilainya akan langsung terjun bebas.

  1. Nilainya Terus Meningkat

Nilai properti dari tahun ke tahun semakin meningkat, meski dalam tahun krisis properti seperti yang terjadi sekitar tahun 2008. Bisnis di bidang ini memang cenderung sepi tetapi tidak menurunkan harganya.

Kamu pasti tahu sendiri. Nilai rumah di suatu tempat lima tahun lalu akan berbeda dengan tahun ini. Harga rumah meningkat. Harganya dapat bertambah drastis sesuai perubahan lingkungannya.

  1. Dapat Dijadikan Agunan

Kamu tidak harus kehilangan investasi ketika membutuhkan uang. Tidak seperti saham atau rekasadana yang harus dijual ketika membutuhkan dana besar. Properti dapat kamu agunkan. Nilai agunan juga dapat disesuaikan dengan harga properti saat itu.

  1. Lebih Meyakinkan

Memiliki bisnis atau investasi properti lebih meyakinkan. Rumah, tanah, atau apapun yang kamu miliki ada secara fisik. Bukan sekadar surat kepemilikan dan hak guna bangunan.

Kenyataannya, dengan kondisi fisik yang dapat dilihat kamu akan mudah mengalihkan properti kepada investor lain.

Kekurangan Investasi di Bidang Properti

Di atas telah disebutkan beberapa kelebihan properti sebagai investasi. Namun, seperti kamu ketahui tidak ada bisnis yang mudah. Semua didapat dengan pengorbanan. Artinya tidak ada yang sempurna seratus persen.

Investasi properti mempunyai kekurangan, yaitu:

  1. Modal Besar

Kekurangan pertama dan paling signifikan dari investasi properti adalah modalnya besar. Tidak cukup uang sebesar seratus ribu atau sejuta rupiah untuk mendapatkannya. Minimal sekitar 50 juta. Itu pun hanya untuk DP jika kamu membeli properti dengan menyicil atau membeli properti di lokasi yang cukup jauh.

  1. Biaya Perawatan Cukup Besar

Selain modal besar, biaya perawatan investasi ini juga lumayan merogoh kantong cukup dalam. Untuk tanah, kamu harus menjaga dan memeliharanya agar selalu bersih. Sedangkan untuk properti bangunan kamu harus mengeluarkan biaya perawatan lebih besar lagi. Menjaga kebersihannya, memperbaiki kerusakan, dan lain-lain agar calon investor terkesan.

  1. Regulasi Transaksi Cukup Rumit

Kekurangan ketiga ini terkadang membuat beberapa orang merasa ini bisnis yang rumit. Prosedur transaksinya cukup rumit. Semua pembayaran dan serah terima harus dilakukan di depan notaris. Ditambah lagi dengan biaya pajak yang ditanggung baik oleh pembeli maupun penjual.

  1. Rentan Bencana Alam

Bencana alam merupakan sebuah resiko yang tetap harus diperhitungkan dengan seksama. Saat bencana terjadi properti mungkin saja rusak, bahkan hilang sama sekali.

Oleh karena itu memilih lokasi yang tepat penting dilakukan.

  1. Tidak Langsung Dapat Dijual

Menjual properti tidak seperti menjual emas dan saham. Properti yang dijual dapat saja baru laku setelah beberapa minggu, beberapa bulan, bahkan beberapa tahun. Kecuali jika kamu mau menjual dengan harga yang jauh di bawah standar atau istilahnya jual butuh.

Itulah kelebihan dan kekurangan investasi properti yang harus kamu ketahui sebelum memutuskan untuk melakukannya. Yang pasti, tidak ada bisnis yang mudah. Keuntungan besar tidak dapat diperoleh dalam sekejap. Semua ada resikonya. Jadi, selamat berinvestasi dan semoga sukses!

You can share this post!

Comments