Semester 2, Aset Perbankan Jatim Tumbuh Positif

Semester 2, Aset Perbankan Jatim Tumbuh Positif

Setelah sempat mengalami perlambatan pada semester pertama tahun 2015 lalu, awal semester kedua ini pertumbuhan mulai menunjukkan perbaikan. Pada Juli 2015, aset perbankan tumbuh sebesar 14,42% year on year (yoy) menjadi Rp 512,54 triliun. Angka ini lebih tinggi dibandingkan bulan sebelumnya yang tumbuh 13,38% (yoy).

Syarifuddin Bassara Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Jawa Timur menyambut gembira perihal tersebut. Menurutnya, pertumbuhan aset perbankan di awal semester dua ini cukup melegakan. Kendati tingkat pertumbuhan tercatat hanya sebesar 1,04 % namun bisa dibilang kinerja perbankan masih menunjukkan tren positif di tengah gejolak perekonomian seperti saat ini.

Syarifuddin menambahkan, tidak hanya aset perbankan saja yang meningkat di bulan Juli 2015. Namun Dana Pihak Ketiga (DPK) juga tumbuh relatif lebih tinggi dibandingkan bulan sebelumnya.”DPK mampu tumbuh sebesar 13,92 persen (yoy), relatif meningkat dibandingkan bulan sebelumnya yaitu 13,56 persen (yoy),” katanya dalam rilis resmi perwakilan Bank Indonesia Jawa Timur, Selasa, (15/9/2015).

Kendati pertumbuhan DPK pada Juli 2015 yang mencatat laju relatif lebih baik dibandingkan sebelumnya, namun pertumbuhan DPK masih mengalami perlambatan sepanjang tahun 2015. Perlambatan ini diyakini sejalan dengan turunnya rata-rata tertimbang (rrt) suku bunga menjadi 4,33%. Syarifuddin meyakini, “turunnya rrt suku bunga bisa menjadi indikasi sebagai sinyal membaiknya likuiditas yang direspon perbankan dengan mengurangi biaya bunga”, ujarnya.

Berdasarkan jenis simpanan, pertumbuhan deposito yang terus melambat menjadi faktor penahan laju pertumbuhan penghimpunan DPK secara keseluruhan, mengingat deposito mendominasi DPK Jawa Timur dengan pangsa sebesar 43,26%.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *