• Indonesia
Kisah Inspiratif Bisnis Online Versi Rico Huang
Inspirasi

Kisah Inspiratif Bisnis Online Versi Rico Huang

Saat kamu menjelajahi sosmed, sering kali muncul rekomendasi bisnis dari para pengusaha yang sudah lebih dulu meraih kesuksesan. Satu diantaranya adalah Rico Huang, seorang online bussiness man yang memiliki omzet ratusan juta per bulan. Kisah inspiratif bisnis online ala Rico Huang ini kemudian diangkat dalam sebuah buku.

Lewat bukunya yang berjudul, “Jaga Jualan di Instagram”, Rico membeberkan resep jitu menjaring banyak follower. Jika saat ini banyak online shop yang memilih cara instan dengan membeli followers, maka dengan cara ala Rico, kamu bisa mendapatkan followers aktif tanpa harus keluar banyak biaya.

Belajar Berbisnis dari Kisah Inspiratif Bisnis Online Versi Rico Huang

Caranya cukup mudah, pahami prinsip versi Rico, “I follow you, you follow me, and then I unfollow you ”. Apakah maksudnya?

Simak selengkapnya dalam ulasan berikut ini!

1. Cari Followers Sebanyak Mungkin

Menurut Rico, sebuah toko online harus memiliki koneksi yang luas atau followers yang banyak. Semakin banyak maka semakin besar pula peluang orang yang melihat online shop kamu dan akan tertarik dengan produk yang kamu pasarkan.

Jadi, untuk mencapai hal itu Rico mencari pesaing bisnis yang serupa dengannya, memilih yang memiliki banyak followers. Kemudian Rico mem-follow semua followers dari pesaingnya tersebut. Tentunya sebelum melakukan hal ini, Rico terlebih dahulu telah menyiapkan feed terbaik di akun online shop miliknya.

Sehingga nantinya akun-akun yang telah ia follow, pasti ada yang penasaran dengan sosok akun online shop yang digunakan Rico, kemudian melihatnya dan tentu ada yang tertarik untuk folback. Setelah masuk ke dalam jaringan Rico, barulah ia unfollow target.

Cara yang tampak sederhana ini, ternyata mampu ampuh untuk menarik banyak followers yang aktif.

2. Menghubungkan dengan Marketplace

Selain aktif berjualan lewat sosmed, Rico juga menghubungkan online shop-nya dengan marketplace populer di tanah air, Tokopedia dan Bukalapak. Koneksinya ini menjadi kekuatan bagi online shop Rico untuk menarik kepercayaan pelanggan.

Dimana lewat marketplace, semua track record tentang online shop-nya dapat dilihat. Mulai dari macam-macam produk, spesifikasi, harga, tarif ongkir hingga testimoni dari pelanggan yang sudah membeli produknya.

Trik dan kisah inspirasi bisnis online-nya di marketplace ini kemudian ditulisnya dalam sebuah buku yang berjudul, “Dropship Mastery” bersama Seno Aji Airlangga. Hanya dalam hitungan minggu saja, buku ini sudah habis terjual.

3. Belajar Digital Marketing

Digital marketing bisa dibilang sebagai kunci kesuksesan promosi sebuah online shop. Contohnya begini, dengan menjalankan digital marketing, kamu yang tidak follow suatu online shop bisa melihat promosinya di berandamu.

Mengetahui betapa ajaibnya digital marketing membuat Rico tertarik untuk mempelajarinya lebih dalam. Ia pun mengikuti berbagai seminar, workshop dan training tentang itu. Hingga membuatnya bertemu dengan Denny Santoso, seorang pakar di bidang digital marketing. Dari sini, Rico mempelajarinya dengan serius dan langsung mempraktekkannya.

Jangan Takut Bekerja Keras!

Rico memulai karirnya di bisnis online bukanlah tanpa sebab. Mulanya diawali oleh bencana kebakaran rumah yang menimpa keluarganya. Karena sulit ekonomi, ia kemudian memutuskan untuk mencari usaha dan menjalankannya pelan-pelan. Kegagalan dan kerugian telah dialami Rico, namun ia tak pernah menyerah.

Ia terus mencari jalan lain ketika gagal di suatu jalan. Tak henti menempa diri dan terus bekerja keras hingga kini ia telah menjadi seorang leader bisnis yang sesungguhnya, memiliki banyak karyawan dan omzet besar. Buat kamu yang sedang berjuang, yuk jadikan kisah inspiratif bisnis online ini sebagai penambah semangatmu!

 

You can share this post!

Comments