• Indonesia
Kurang Percaya Diri? Cek, Jangan-jangan Masih Pelihara Kebiasaan Buruk Ini
Inspirasi

Kurang Percaya Diri? Cek, Jangan-jangan Masih Pelihara Kebiasaan Buruk Ini

Kurang percaya diri bisa menghambat seseorang untuk maju dan berkembang. Sebab, kepercayaan terhadap diri sendiri memiliki peranan yang sangat besar, baik untuk kesehatan maupun menjalani kehidupan. Pasalnya, jalan hidup sangat identik dengan berbagai macam cobaan yang harus dijalani dengan penuh keyakinan.

Seseorang yang yakin dengan dirinya sendiri, pasti bisa melalui rintangan dengan lebih mudah. Begitu juga sebaliknya, orang yang kepercayaan dirinya kurang akan merasa kalah sebelum berperang. Oleh karena itu, penting untuk mengasah kepercayaan diri setiap hari.

Kebiasaan Buruk Penyebab Kurang Percaya Diri

Dalam dunia parenting, para orang tua selalu ditekankan untuk menanamkan kepercayaan dini sejak dini. Namun, usaha tersebut mungkin saja menjadi sia-sia seandainya tetap memelihara beberapa sifat buruk seperti berikut :

1. Membandingkan Diri

Penyebab utama kurang percaya diri adalah sering membandingkan diri sendiri dengan keadaan orang lain. Boleh, selama masih bisa menganggap hal tersebut sebagai pemicu untuk memperbaiki diri, tetapi berbahaya jika terlalu berlebihan. Sebab, di mana-mana rumput tetangga akan selalu tampak lebih hijau, padahal belum terjamin keasliannya.

Satu hal yang harus disadari, bahwa setiap orang pasti memiliki kemampuan dan kekurangan masing-masing. Perbedaan hanya terletak pada kemampuannya untuk menerima, mengolah, dan menyembunyikan kekurangan tersebut. Tak perlu berkecil hati, manusia hanya perlu berusaha dan Tuhan yang akan melanjutkan.

2. Terlalu Memikirkan Perkataan Orang

Memang, ada kalanya manusia butuh orang lain untuk mengetahui kekurangan diri. Namun, bagaimana pun manusia tetap harus bisa memilah, jangan semua komentar orang dimasukkkan ke dalam hati. Akibatnya, hati menjadi sempit dan dipenuhi dengan keragu-raguan untuk membuka diri.

Selain itu, tidak semua orang bersifat tulus untuk membantu dalam proses peningkatan kualitas diri. Terkadang, sebagain dari mereka malah tidak senang dengan kesuksesan seseorang dan berniat untuk menjatuhkan. Mana yang lebih berbahaya?

3. Negatif Thinking

Penyebab ketiga perasaan kurang percaya diri adalah memiliki pola pikir negatif terhadap diri sendiri. Hal ini cukup berbahaya, karena bisa menyebabkan depresi, khawatir, dan cemas berlebih. Berhati-hatilah, karena pola pikir bisa memengaruhi kondisi alam di bawah sadar manusia.

4. Takut Gagal

Orang yang kepercayaan dirinya rendah, dia akan merasa takut untuk memulai sesuatu yang baru. Sebab, ia takut hal tersebut tidak akan berjalan dengan lancar, hasilnya buruk, atau bahkan kemungkinan terburuk adalah gagal. Perlu diketahui, tidak ada orang yang meraih kesuksesan dengan mudah.

Semua orang-orang besar pasti pernah melalui masa-masa berat, titik terendah di dalam hidupnya. Oleh karena itu, kegagalan adalah hal yang sangat wajar terjadi. Jika di tengah jalan terjatuh, maka hanya perlu bangkit lagi. Dan berusahalah agar tidak jatuh pada lubang yang sama.

5. Rendah Diri

Rendah hati memang sikap yang terpuji, tetapi tidak dengan rendah diri. Rendah diri adalah orang yang selalu melihat dirinya sendiri bagaikan seonggok daging yang hina dina. Orang tersebut selalu berpikir bahwa dirinya tidak pantas untuk berada di tempat yang lebih tinggi atau bahkan dicintai.

Pola pikir seperti ini sangat berbahaya, apalagi jika sampai dipelihara terlalu lama. Selain kurang percaya diri, hal ini akan menghambat seseorang untuk all out dan berkembang. Akibatnya, kesempatan emas itu terlewatkan begitu saja, padahal mungkin potensi di dalam dirinya jauh lebih besar.

Jika kelima sifat buruk di atas masih saja dipelihara, maka bersiaplah untuk hidup biasa-biasa saja. Sebab, kesuksesan tidak akan datang kepada orang-orang yang kurang percaya diri dan tidak mau berkembang. Semoga tulisan ini dapat memberikan manfaat dan terus tingkatkan kualitas diri.

 

You can share this post!

Comments