• Indonesia
Mahasiswa Informatika Mau Dapat Penghasilan? Coba Aja 5 Peluang Bisnis Ini
Peluang Usaha

Mahasiswa Informatika Mau Dapat Penghasilan? Coba Aja 5 Peluang Bisnis Ini

Menjadi seorang mahasiswa tentu saja berbeda saat Anda menjadi seorang siswa. Selain mata pelajaran yang dipelajari, aktivitasnya pun memiliki perbedaan yang cukup mencolok. Seorang mahasiswa sudah dikategorikan sebagai pelajar mandiri yang mana mereka bisa mengatur sendiri jadwal belajar dan aktivitas kampusnya.

Agar lebih produktif, tidak sedikit mahasiswa yang berbisnis sambil kuliah. Ini berlaku juga bagi mahasiswa informatika yang cenderung memiliki jadwal kuliah yang padat. Berbisnis saat kuliah tidak hanya mendapatkan penghasilan, tetapi juga mengumpulkan portofolio untuk bekal kerja nanti dan mengaplikasikan ilmu yang dipelajari selama di kelas.

Selain ke dua hal di atas, bekerja sambil kuliah juga bisa menambah relasi. Seperti yang dikatakan pepatah, kualitas manusia bisa dinilai dari kualitas relasinya. Dengan demikian semakin banyak relasi yang didapatkan, semakin baik pula kualitas lulusan mahasiswa.

Lalu, bisnis apa saja yang bisa dikerjakan oleh mahasiswa jurusan Informatika? Berikut ulasannya.

1. Jasa Maintenance IT

Jasa maintenance merupakan salah satu usaha yang bisa bertahan dalam jangka waktu yang lama. Pasalnya, usaha yang satu ini mampu membantu banyak perusahaan, baik itu skala menengah maupun kecil yang belum memiliki jasa maintenance IT.

Dengan mengambil bagian menjadi teknisi maintenance IT, Anda bisa membantu perusahaan UKM dalam memelihara computer, server, mesin absen, peralatan WiFi, router, dan masih banyak lagi. Anda bisa menentukan tarif sendiri sesuai dengan pekerjaan yang dikerjakan.

2. Jasa Pembuatan Website

Website saat ini tidak hanya menjadi kebutuhan perusahaan saja, tetapi juga perorangan. Oleh karena itu, jasa pembuatan website bisa menjadi pilihan yang tepat untuk menambah penghasilan.

Anda bisa mamatok sendiri jasa yang Anda berikan sesuai dengan permintaan klien. Jika website yang dibutuhkan untuk kebutuhan bisnis atau lainnya, Anda bisa mematok harga yang cukup tinggi. Namun, Anda juga bisa mematok harga yang lebih terjangkau untuk kebutuhan website personal, seperti website review, catatan harian, dan lain sebagainya.

3. Les Private

Menjadi seorang pengajar tentu saja tidak harus berasal dari jurusan pendidikan dan sejenisnya. Jika Anda memiliki passion di bidang ini, mengadakan les privat merupakan pilihan yang tepat. Untuk jurusan Informatika sendiri, Anda bisa mengajarkan pelajaran komputer untuk jenjang SD, SMP, SMA, dan Umum

Untuk harganya sendiri, Anda bisa menentukan dari jenjang pendidikan dan juga lama waktu belajar. Anda bisa menghitungnya per jam, sehingga semakin banyak jam yang digunakan, semakin banyak pula uang yang didapatkan.

4. Menjual Produk IT dan Jasa Instalasi

Opsi lain untuk mendapatkan penghasilan tambahan, yaitu dengan menjual produk-produk IT seperti mouse, keyboard, CCTV, mesin absensi, wireless speaker, dan masih banyak lagi. Ini tentu saja cocok bagi lulusan informatika karena Anda bisa dengan luwes menjelaskan fungsi dan manfaat dari masing-masing produk dengan jelas dan tepat.

Untuk mengaplikasikan ilmu yang didapat di kuliah, Anda bisa menyediakan layanan instalasinya juga. Dengan demikian, penghasilan yang didapatkan pun bisa memenuhi kebutuhan hidup Anda selam kuliah.

5. Pelatihan IT

Terakhir, Anda bisa menjadi trainer untuk perusahaan-perusahaan skala kecil maupun besar untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusianya. Saat ini kebutuhan akan pemahaman dunia IT sangat diperlukan. Oleh karena itu, jangan menyia-nyiakan kesempatan ini untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Itulah lima peluang usaha yang bisa dilakukan oleh mahasiswa jurusan informatika. Mana peluang bisnis yang menadi passion Anda?

 

You can share this post!

Comments