• Indonesia
Manfaat Asuransi Rumah Lindungi Aset dari Bencana
Asuransi

Manfaat Asuransi Rumah Lindungi Aset dari Bencana

Memiliki rumah merupakan dambaan setiap pasangan, baik digunakan sebagai hunian maupun sekadar investasi. Banyak orang yang lantas melirik untuk berinvestasi rumah, karena terbilang aman dan jarang mengalami kerugian. Namun, tidak ada salahnya untuk mempertimbangkan manfaat asuransi rumah.

Pasalnya, rumah juga memiliki risiko terhadap hal-hal tak terduga, seperti kebakaran, pencurian, gempa bumi, ataupun kebanjiran. Jika rumah sudah diasuransikan, maka semua kerugian tersebut akan mendapat ganti rugi. Siapa yang untung?

Mengenal Manfaat Asuransi Rumah

Asuransi rumah termasuk ke dalam kategori asuransi property yang fokus pertanggungannya adalah rumah. Keputusan tersebut merupakan suatu bentuk perlindungan pemilik dari segala risiko yang mungkin terjadi. Ada pun manfaat asuransi rumah dapat dirasakan, yaitu:

1. Perlindungan Rumah dari Risiko Bencana Alam

Tidak ada satu pun manusia yang dapat memperkirakan terjadinya bencana alam secara pasti. Oleh karena itu, mengikutsertakan rumah ke dalam asuransi merupakan tindakan tepat. Ada beberapa jenis kerugian yang dapat ter-cover oleh asuransi rumah, yaitu gempa bumi, kebakaran, pencurian, banjir, dan lain-lain.

2. Melindungi Barang di dalam Rumah

Selain rumahnya, asuransi juga dapat meng-cover barang yang ada di dalam bangunan, seperti perabotan atau furnitur dan alat-alat elektonik. Namun, hal ini tergantung pada jenis asuransi yang dipilih. Ada juga asuransi yang menyediakan perlindungan terhadap barang-barang yang bernilai seni tinggi.

3. Melindungi dari Gugatan Hukum

Manfaat asuransi rumah yang ketiga adalah melindungi aset dan mengantisipasi risiko terjadinya gugatan hukum. Asuransi ini biasanya digunakan untuk rumah yang disewakan atau dikontrakkan. Misal, penyewa merusak bangunan atau terluka akibat kerusakan pada bangunan.

Jika dilihat dari kacamata hukum, maka pemilik rumah harus bertanggung jawab dan harus mengeluarkan uang. Lain hal seandainya rumah tersebut mendapat perlindungan asuransi, maka perusahaanlah yang akan memberikan ganti rugi kepada pemilik atau pemegang polis.

4. Nilai Rumah Tetap Terjaga

Seperti yang sudah disinggung di atas, kini rumah juga menjadi salah satu barang investasi. Namun, bagaimana jika rumah tersebut terkena bencana alam? Tentu saja, nilai rumah akan otomatis turun. Dengan asuransi, nilai rumah akan tetap terjaga, karena dapat mengajukan klaim dan segera melakukan renovasi.

5. Meringankan Pengeluaran

Biaya untuk merenovasi rumah tidaklah sedikit, hampir sama dengan membangun bangunan yang baru. Hal ini tentu terasa sangat berat, apalagi renovasi yang dikeluarkan akibat tertimpa musibah. Di sinilah manfaat asuransi rumah sangat terasa, karena pemegang polis hanya perlu mengajukan klaim ke perusahaan.

Jenis Asuransi Rumah

Saat aset sudah memiliki jaminan, maka pemilik pun akan merasa lebih aman dan tenang. Selanjutnya, pemilik hanya perlu menyiapkan anggaran setiap bulan untuk membayar premi asuransi. Namun, perlu diketahui bahwa asuransi rumah ada 2 jenis, yaitu:

1. Property All Risk atau PAR

PAR adalah jenis asuransi rumah yang memberikan jaminan penuh terhadap aset yang dijamin. Namun, ada beberapa risiko yang masuk ke dalam pengecualian atau tidak dapat ditanggung asurani, seperti:

- Perang, terorisme

- Nuklir, radioaktif

- Gangguan usaha, kehilangan pangsa pasar

- Unsur kesengajaan

- Kerusakan mekanik

- Polusi atau kontaminasi

2. Polis Standar Asuransi Kebakaran Indonesia atau PSAKI

Sesuai dengan namanya, PSAKI merupakan jenis asuransi yang memberikan jaminan terhadap risiko kebakaran, ledakan, petir, asap, dan kejatuhan pesawat terbang. Namun, pertanggungan ini masih dapat ditingkatkan untuk menjangkau jaminan yang lebih luas lagi.

Untuk mendapatkan manfaat asuransi rumah yang maksimal, pastikan memilih perusahaan yang terpercaya. Selain memahami setiap ketentuan yang ditetapkan, pilihlah iuran premi sesuai dengan kemampuan.

 

You can share this post!

Comments