• Indonesia
Mau Beli Rumah Baru? Jangan Abaikan Kesalahan Saat Membeli Rumah Ini!
Properti

Mau Beli Rumah Baru? Jangan Abaikan Kesalahan Saat Membeli Rumah Ini!

Bisa memiliki rumah baru adalah dambaan setiap keluarga. Karena rumah merupakan tempat berteduh dan latar kisah kehidupan nyata. Rumah akan menjadi tempat paling penuh dengan kenangan dan suka duka. Saat kamu berencana membeli rumah baru, jangan sampai kesalahan saat membeli rumah ini kamu lakukan!

Rumah sebagaiĀ properti kelas atas memang bukan barang yang remeh untuk dijual belikan. Ada persyaratan tertentu yang harus dipenuhi saat hendak transaksi jual beli rumah. Memilih rumah juga tak sama seperti kamu memilih baju di toko. Kenapa?

Ketahui Sederet Kesalahan Saat Membeli Rumah Ini!

Saat membeli baju baru, yang akan kamu lihat adalah model, bahan dan brand-nya. Sedangkan saat membeli rumah, kamu harus sangat jeli memeriksa ke setiap sudutnya. Tidak hanya interior dan eksterior rumah tersebut, tetapi juga lingkungan sekitar rumah. Termasuk juga masa lalu atau cikal bakalnya.

Kenapa demikian? Simak alasannya dalam ulasan berikut ini!

1. Kondisi Tanah yang Lemah

Rumah yang bagus bisa dibangun di mana saja, baik itu dataran tinggi, dataran rendah, tanah datar ataupun di tepi tebing. Semua soal perkara desainer dan pekerja yang merealisasikannya.

Jangan tertipu dengan rumah yang bagus yang berada di tanah yang lemah. Maksudnya ialah dataran yang mudah retak, rentan gempa bumi, rentan banjir dan tingkat kemiringan terlalu tajam. Mungkin saat ini lingkungan rumah tersebut terbilang aman dan belum pernah mengalami sejarah bencana alam. Namun, tak ada yang bisa menjamin ke depannya.

Jadi, untuk cari amannya pilihlah rumah di tanah yang rata, tahan banjir dan kokoh. Biasanya terdapat di dataran tinggi.

2. Rumah Sengketa

Ada beberapa kasus orang menjual rumah dengan harga murah di bawah standar harga rumah di pasaran. Tentunya hal semacam ini bukan tanpa alasan dan sering kali calon pembeli tidak menyadari jika dirinya terjebak dalam kesalahan saat membeli rumah.

Rumah yang dijual murah biasanya karena beberapa alasan. Pertama, rumah sengketa atau rumah yang kepemilikannya masih belum jelas. Biasanya terjadi pada rumah warisan dari orang tua, kakek nenek atau generasi di atasnya.

Kedua, rumah lelang sitaan bank. Yang mana pemilik rumah terlilit hutang bank sehingga rumah yang ia jadikan sebagai jaminan harus disita dan dilelang agar mencapai nominal tertentu. Membeli rumah lelang dari bank mengharuskan Anda untuk melalui serangkaian proses yang cukup rumit.

Ketiga, rumah yang ditinggalkan oleh pemiliknya. Yang mana dari garis keturunannya, tak ada yang dapat diwarisi. Sehingga saudara yang bersangkutan memutuskan untuk menjual rumah tersebut dengan harga murah.

3. Tetangga yang Menyebalkan

Mau tidak mau Anda akan dipertemukan dengan tetangga baru saat pindah rumah. Yang mana Anda mungkin tak mengenal ia sebelumnya. Bukan masalah jika ia adalah orang yang baik dan mau bertetangga sebagaimana mestinya. Namun, mampukah Anda bertahan hidup berdampingan dengan tetangga Anda yang menyebalkan?

Jangan kaget jika mendapati hal semacam ini! Karena tetangga semacam itu hampir selalu ada di lingkungan sekitar. Anda hanya harus lebih bijak dan cerdas menghadapinya. Bila memang sudah sangat keterlaluan, sebaiknya jaga jarak dengannya.

Untuk mengetahui gambaran tetangga sekitar, tanyakanlah pada petugas keamanan, ketua RT atau pemilik warung di lokasi tersebut. Biasanya mereka memiliki informasi terkait hal itu.

Pastikan Anda tidak melakukan salah satu atau semua kesalahan saat membeli rumah yang telah dibahas di atas! Ingat, telitilah semua hal yang akan Anda beli!

You can share this post!

Comments