• Indonesia
Mau Beli Tanah Tapi Harganya Mahal? Ikuti 5 Tips Ini
Properti

Mau Beli Tanah Tapi Harganya Mahal? Ikuti 5 Tips Ini


Tanah merupakan salah satu lahan yang digunakan untuk membangun sebuah bangunan atau hunian. Saat ini, banyak sekali yang membutuhkan tanah, mengingat lahan hunian di perkotaan sudah semakin terbatas. Namun, tidak sedikit yang mengeluhkan harga tanah yang semakin melonjak. Hal ini dipicu oleh beberapa hal seperti lokasi tanah yang strategis, meningkatnya permintaan properti, terletak di kawasan padat penduduk, dan masih banyak lagi.

Menurut Nirwono Yoga, Pengamat Perkotaan dari Universitas Trisakti, salah satu faktor yang membuat seseorang sulit untuk membeli tanah yaitu ketersediaan lahan. Hal ini seringkali terjadi di beberapa kota-kota besar, seperti Bandung, Jakarta, Surabaya, Semarang, dan Yogyakarta.

Bagi Anda yang tertarik untuk membeli tanah dengan harga murah, baik untuk investasi maupun tempat tinggal, ada satu hal yang sebaiknya diperhatikan terlebih dahulu, yaitu mengecek legalitas kavling tersebut apakah bebas dari free, clean, dan clear. Free berarti bebas sengketa, clean berarti tanah tersebut sedang tidak digunakan untuk aktivitas tertentu, dan clear yang berarti ketepatan ukuran tanah

Lalu, bagaimana caranya agar mendapatkan harga tanah yang murah? Simak ulasannya di bawah ini.

1. Survei Tanah

Tips pertama yang harus Anda lakukan, yaitu dengan melakukan survey tanah. Proses yang satu ini bisa membantu Anda untuk mengetahui range harga tanah saat itu. Harga tanah salah satunya ditentukan oleh lokasi, sehingga pilihlah lokasi yang tidak terlalu strategis, namun tetap bisa untuk diakses. Umumnya, tanah-tanah yang berada di lokasi yang tidak strategis memiliki harga yang cukup murah dibandingkan dengan tanah yang berada di pinggir jalan.

2. Memanfaatkan Situs Jual Beli Tanah di Internet

Selain melakukan survey secara langsung, Anda juga bisa memanfaatkan situs jual beli tanah di internet. Di sana, Anda juga bisa mendapatkan berbagai referensi tanah, mulai dari harganya sampai dengan lokasinya. Dengan demikian, Anda bisa mendapatkan harga kasar yang bisa menjadi patokan untuk membeli tanah. Pastikan situs jual beli tersebut terpercaya agar And abisa mendapatkan informasi yang akurat.

3. Melihat Harga Standar NJOP

Harga Standar NJOP adalah harga rata-rata dari transaksi jual beli tanah. Anda harus memperhatikan nilai objek pajak tanah dan bangunan tempat tinggal di sekitar lokasi yang diinginkan. Dengan melihat harga tersebut, Anda bisa mendapatkan gambaran harga tanah di suatu lokasi.

4. Menghindari Tanah Kavling

Harga tanah kavling cenderung lebih mahal. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, seperti area lahan yang cukup matang, adanya infrastruktur yang memadai, lingkungannya cenderung lebih aman, dan masih banyak lagi. Tanah kavling umumnya berada di kawasan perumahan, sehingga harganya tentu saja bisa lebih mahal dari harga tanah biasa.

5. Melihat kondisi lingkungan

Kondisi lingkungan juga penting untuk dipertimbangkan jika Anda menginginkan harga tanah yang lebih murah. Tanah yang murah umumnya berada di kawasan yag rawan banjir, sperti pegunungan. Dengan demikian, Anda bisa mencoba melakukan survey dan bandingkan dengan harga tanah yang ada di perkotaan.

Itulah lima tips agar mendapatkan harga tanah yang murah. Untuk mendapatkan harga yang lebih terjangkau, Anda harus lebih cermat dalam mengumpulkan informasi, baik itu dilakukan secara langsung maupun melalui internet Selain itu, And juga bisa melakukan penawaran harga tanah, siapa tau pemilik tanah tersebut bisa memeberikan harga yang jauh lebih murah lagi.

Semoga bermanfaat.

 

You can share this post!

Comments