• Indonesia
Mau Jadi Wirausaha Muda? Ini Peluang Usaha Bagi Pelajar
Peluang Usaha

Mau Jadi Wirausaha Muda? Ini Peluang Usaha Bagi Pelajar

Tugas utama seorang pelajar ialah belajar. Namun, tak semua anak beruntung bisa memenuhi segala kebutuhannya. Ada yang memang karena keadaan, dituntut untuk mandiri dan mendapatkan penghasilan tambahan. Tak perlu merasa terpuruk, karena peluang usaha bagi pelajar masih terbuka luas.

Buat kamu yang bersemangat untuk menjadi wirausaha muda suatu hari nanti, maka kamu harus meniti karier sejak dini. Tanpa mengganggu jam belajarmu, ada banyak jenis usaha yang bisa kamu kerjakan di waktu luang, loh!

Tak Perlu Malu dan Ragu Memulai Peluang Usaha Bagi Pelajar Ini!

Berwirausaha sejak muda akan memberikan banyak manfaat. Dua diantaranya ialah menumbuhkan sifat mandiri dan bijak keuangan. Semakin kita tumbuh dewasa, semakin besar pengeluaran. Jadi, kita harus bisa memahami dan mengelola keuangan kita dengan baik. Berikut ini peluang usaha yang bisa kamu kerjakan saat masih berstatus pelajar.

1. Jual Camilan Ringan

Saat jam istirahat, teman-temanmu pasti berbondong-bondong menuju kantin untuk membeli camilan ringan atau makan besar. Sebagian merasa kesal karena harus keluar kelas dan menghadapi antrean panjang. Nah, ini bisa menjadi peluang usaha yang cukup menjanjikan buat kamu.

Jualan camilan ringan yang murah meriah, enak dimakan dan sehat tentunya. Tak perlu bingung, banyak varian camilan ringan yang bisa kamu beli di pasar tradisional atau toko khusus jajan. Mulai dari snack, wafer, cokelat, permen dan lain-lain. Jam kerjanya praktis, ketika jam istirahat sekolah.

2. Jual Pulsa dan Paket Data

Dunia pendidikan masa kini telah memasuki era digital. Dimana metode pembelajaran e-learning sudah diterapkan secara serentak mulai dari pelajar usia SD hingga SMA. Jadi, sudah pasti pulsa dan paket data sangat dibutuhkan sebagai penunjangnya. Di luar itu, pulsa dan paket data juga sangat dibutuhkan untuk sarana komunikasi dan hiburan.

Jual pulsa dan paket data ini bisa kamu praktekkan. Pelanggannya adalah teman sekelasmu sendiri. Langkah pertama yang harus kamu lakukan yaitu mencari distributor pulsa dan paket data dengan harga grosir sehingga bisa dijual kembali.

Walaupun peluang usaha bagi pelajar ini sangat praktis, tapi kamu harus berhati-hati ya! Sebab sudah banyak kasusnya penipuan pembeli pulsa yang mengatasnamakan temanmu, padahal oknum penipu.

3. Jual Handcraft

Kalau kamu punya skill membuat handcraft atau kerajinan tangan, maka kamu punya peluang besar untuk menjadi pengusaha handcraft yang sukses di masa depan. Anak-anak usia pelajar banyak yang menyukai handcraft untuk dimainkan, koleksi atau hadiah.

Handcraft ini banyak macamnya dan membutuhkan sisi kreativitas yang baik. Kamu bisa melihat tutorial sekaligus mencari idenya lewat internet. Handcraft seperti buket bunga, gantungan kunci, boneka, hiasan dinding dan masih banyak yang lainnya sangat banyak diminati. Yuk, coba tantang dirimu sendiri sampai sejauh apa kreativitasmu?!

4. Jasa Cetak Dokumen

Dalam satu kelas tentu tidak semuanya memiliki printer atau mesin pencetak kertas. Padahal sejak beberapa tahun terakhir, guru sering kali memberikan tugas yang harus diketik dari komputer atau laptop. Sedangkan di dekat sekolah belum tentu ada jasa cetak dokumen.

Kalau kamu punya modal yang cukup, belilah printer yang kompatibel dan recommended untuk penggunaan jangka panjang. Jangan lupa dengan kertas, tinta dan peralatan penunjang lainnya! Lalu mulailah usaha jasa cetak dokumenmu!

Berwirausaha memang tak selalu mudah dan lancar pada awalnya. Hambatan dan tantangan kerap kali harus dihadapi agar bisa naik kelas. Yuk, tetap semangat dan buktikan kalau kamu bisa mewujudkan peluang usaha bagi mahasiswa dengan sukses!

You can share this post!

Comments