• Indonesia
Mau Jual Mobil Bekas? Perhatikan Dulu 5 Hal Ini
Peluang Usaha

Mau Jual Mobil Bekas? Perhatikan Dulu 5 Hal Ini

Mobil menjadi salah satu transportasi yang memudahkan aktivitas sehari-hari. Selain nyaman digunakan, kendaraan roda empat yang satu ini juga bisa menampung penumpang dalam jumlah yang cukup banyak. Dengan demikian, Anda tidak perlu repot-repot menggunakan transportasi umum untuk berjalan-jalan bersama teman-teman atau keluarga.

Seiring dengan adanya kebutuhan yang semakin bertambah, mobil baru dengan spesifikasi yang lebih canggih lebih dibutuhkan. Misalnya, saat anggota keluarga Anda bertambah, tentu saja Anda membutuhkan mobil dengan daya tampung yang lebih besar. Untuk itu, tidak sedikit yang mengganti mobil lamanya dengan mobil yang lebih baru.

Namun, menjual mobil bekas tentu saja tidak selalu mudah. Ada kalanya Anda harus bersaing dengan penjual mobil lainnya untuk bisa mendapatkan harga yang terbaik.

Menurut Fransdhika, Kepala Inspektor Carsome, ada beberapa hal yang harus diurus saat menjual mobil bekas karena itu akan mempengaruhi kualitas kendaraan serta harga jual. Mengeluarkan sebagian uang untuk memperbaiki mobil sebelum dijual penting dilakukan agar harga jualnya meningkat.

Lalu, hal-hal apa saja yang harus dipersiapkan sebelum menjual mobil bekas Anda? Berikut rangkumannya.

1. Mempersiapkan Dokumen

Hal pertama yang harus dipersiapkan sebelum menjual mobil bekas, yaitu dokumen-dokumen penting. Siapkan berbagai dokumen seperti BPKB, STNK, dan faktur mobil tersebut. Selain itu, janga lupa juga untuk mengecek jatuh tempo pajak karena itu bisa mempengaruhi penjualan mobil.

Dengan menyertakan dokumen mobil secara lengkap, calon pembeli tidak akan ragu untuk membeli mobil Anda.

2. Membuat Mobil Menjadi seperti Baru

Hal lain yang tidak kalah pentingnya, yaitu membuat kondisi mobil menjadi seperti pertama kali membeli. Perhatikan kondisi bodinya, apakah terdapat goresan pada catnya, apakah bannya masih berfungsi dengan baik, apakah lampu spioonya nya masih bisa digunakan, dan lain sebagainya.

Selain bodi mobil, periksa juga bagian dalam mobil, seperti mesin, oli, dan lain sebagainya. Jika ada beberapa komponen mesin yang rusak, sebaiknya bawa mobil Anda ke bengkel resminya terlebih dahulu.

Dengan demikian, kondisi mobil Anda menjadi lebih frsh dan terlihat seperti baru. Meskipun tidak sama 100%, setidaknya mobil Anda menjadi layak jual dan mendapatkan penawaran harga yang tinggi.

3. Memperhatika Modifikasi yang Telah Dilakukan

Modifikasi dilakukan agar mobil terlihat lebih unik dan sesuai dengan selera yang Anda inginkan. Namun, Anda harus mempertimbangkan hal ini saat akan menjualnya. Modifikasi mobil, baik bagian bodi maupun mesinnya bisa mempengaruhi nilai jualnya. Selain itu, tidak semua calon pembeli menyukai hasil modifikasi Anda.

Oleh karena itu, sebaiknya kembalikan kondisi mobil seperti semula sama seperti saat Anda membelinya. Jika terkesan ribet, Anda bisa meminta bantuan bengkel untuk merombaknya.

4. Memeriksa Komponen Mobil

Komponen pada mobil sangat penting untuk diperhatikan agar tetap bisa berfungsi dalam jangka waktu yang lama. Oleh karena itu, perhatikan kelayakannya sebelum dijual. Anda bisa memeriksa apakah ada kebocoran pada bagian minyak rem, apakah olinya sudah diganti dengan yang baru, dan lain sebagainya.

Untuk memeriksa komponen ini, Anda bisa membawa mobil yang akan dijual ke bengkel resmi atau bengkel-bengkel terdekat.

5. Tidak Menyepelekan Aksesoris

Tidak sedikit yang menganggap sepele aksesoris mobil, seperti baterai kunci, kunci cadangan, kunci ban cadangan, dongkrak, dan lain sebagainya. Aksesoris tersebut sangat penting jika sewaktu-waktu dibutuhkan salam keadaan darurat.

Itulah lima hal yang harus And aperhatikan saat hendak menjual mobil bekas. Bagaimana, apakah Anda sudah melakukan ke lima tips di atas?

 

You can share this post!

Comments