• Indonesia
Mau Menggunakan Asuransi Jiwa? Pertimbangkan Dulu 5 Hal Ini
Asuransi

Mau Menggunakan Asuransi Jiwa? Pertimbangkan Dulu 5 Hal Ini

Sebagai proteksi di masa depan, asuransi menjadi salah satu layanan yang banyak digunakan di masyarakat. Lebih dari itu, asuransi saat ini menjadi gaya hidup sebagian besar masyarakat Indonesia, sehingga layanan ini bisa disebut-sebut kebutuhan primer bagi golongan tertentu.

Asuransi jiwa merupakan salah satu dari sekian banyak jenis asuransi yang banyak diminati. Asuransi yang satu ini mampu memberikan perlindungan akibat kerugian finansial akibat kematian seseorang yang menjadi tulang punggung keluarga. Dengan mengikuti asuransi jiwa, Anda tidak perlu khawatir jika sewaktu-waktu kehilangan sumber penghasilan.

Dengan segudang manfaat yang ditawarkan, Anda tentu saja tidak bisa main-main saat memilih asuransi jiwa. Pemilihan asuransi haruslah cermat dan tepat, sehingga Anda bisa terhindar dari kerugian finansial dan lain sebagainya.

Oleh karena itu, penting untuk menyimak hal-hal yang harus dipertimbangkan sebelum memilih asuransi jiwa seperti yang ada pada ulasan di bawah ini.

1. Asuransi yang Sesuai dengan Kebutuhan

Hal pertama yang harus Anda pertimbangkan saat memilih asuransi jiwa, yaitu prioritas kebutuhan akan proteksi tersebut. Sebaiknya, kenali produk asuransi yang akan digunakan, mulai dari fasilitas, manfaat, kredibilitas perusahaan, proses klaim, biaya premi, dan masih banyak lagi.

Jika fasilitas asuransi tersebut sesuai dengan kebutuhan, Anda tidak perlu ragu lagi untuk mendaftarkan pihak tertanggung yang menjadi sumber penghasilan keluarga.

2. Anggaran yang Sesuai

Hal lainnya yang penting diperhatikan adalah kesesuaian anggaran. Anggaran yang dikeluarkan setiap bulannya harus sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansial Anda. Ini dikarenakan agar tidak mengganggu anggaran rumah tangga lainnya yang juga harus dikeluarkan setiap bulannya.

Jika Anda memiliki budget kecil namun tetap ingin menggunakan layanan asuransi jiwa, pilihlah premi yang terjangkau. Namun, pastikan pastikan fasilitas di dalamnya mampu memenuhi kebutuhan Anda.

3. Riwayat Perusahaan Asuransi

Meskipun Anda sudah mendapatkan asuransi yang sesuai dengan kebutuhan, penting untuk memperhatikan kredibilitas perusahaan tersebut. Untuk itu, ketahui riwayat atau track record perusahaan tersebut, mulai dari segi pelayanan, legalitas, produk, dan masih banyak lagi.

Caranya, Anda bisa meminta rekomendasi perusahaan asuransi kredibel dari teman atau saudara dan melihat testimoni dari pelanggan sebelumya yang ada pada website resminya atau ulasan di berbagai situs. Mudahnya, Anda bisa mengecek legalitas perusahaan asuransi tersebut apakah berada di dalam pengawasan OJK atau tidak.

4. Pelayanan Pihak Asuransi

Pelayanan asuransi jiwa merupakan hal yangtidak kalah pentingnya untuk dipertimbangkan. Sebaiknya, Anda memilih perusahaan asuransi dengan pelayanan terbaik seperti customer service 24 jam, informasi yang padat dan jelas, dan lain sebagainya.

Pelayanan menjadi hal yang cukup penting dipertimbangkan karena jika perusahaan tersebut tidak memiliki pelayanan yang baik, Anda akan kesulitan untuk mendapatkan informasi dalam waktu yang singkat.

5. Daftar Asuransi Selagi Sehat

Setiap asuransi jiwa umumnya memiliki kriteria khusus bagi calon nasabahnya, salah satunya urusan kesehatan. Ada berbagai kasus dimana terjadinya penolakan pengajuan asuransi karena kkriteria kesehatannya tidak sesuai dengan persyaratan yang sudah ditentukan.

Oleh karena itu, segera daftar asuransi jiwa selagi Anda atau pihak tertanggung masih dalam keadaan sehat. Dengan demikian, masa depan Anda akan lebih aman dan nyaman.

Itulah lima hal yang harus Anda pertimbangkan saat akan menggunakan asuransi jiwa. Pastikan Anda menerapkan ke lima tips tersebut agar mendapatkan manfaat perlindungan jiwa yang lebih maksimal.

 

You can share this post!

Comments