• Indonesia
Menggeser Jack Ma, Kini Zhong Shansan Menjadi Orang Terkaya di China
Inspirasi

Menggeser Jack Ma, Kini Zhong Shansan Menjadi Orang Terkaya di China

Selama ini menduduki posisi sebagai orang terkaya di China, akhirnya posisiĀ Jack Ma digeser oleh Zhong Shansan. Pendiri Nongfu Spring, sebuah merk air mineral di China ini bahkan berhasil menempati posisi ke-17 daftar orang terkaya dunia versi Bloomberg.

Meraih Predikat Orang Terkaya di China Berkat Bisnis Minuman Kemasan

Perusahaan air mineral yang didirikan Zhon Shansan mencatatkan penjualan sebesar 24 miliar yuan. Hal ini merupakan kenaikan 17% dari penjualan sebelumnya. Total penjualan ini meliputi produk air mineral dan produk minuman lain seperti minuman berbahan teh dan juga jus kemasan.

Air minum kemasan produksi Nongfu Spring ini sudah tersebar di jaringan ritel China. Penjualannya melonjak seiring peningkatan kesadaran masyarakat terhadap kesehatan akibat adanya wabah Covid-19. Hal inilah yang dimafaatkan perusahaan untuk memperkuat brandingnya.

Orang Terkaya di China Pun Dulunya Sempat Mengalami Kegagalan

Kesuksesan yang diraih Zhong Shansan bukannya tanpa hambatan. Bahkan, pebisnis sukses ini pernah mengalami beberapa bentuk kegagalan. Berikut ini adalah beberapa fakta menarik perjuangannya.

1. Pernah Terdampak revolusi China

Saat berusia 12 tahun, orang terkaya di China ini mengalami kehidupan yang sulit. Orang tuanya menjadi korban revolusi China. Hal ini bahkan membuatnya sempat putus sekolah. Tidak hanya itu, kegagalannya di dunia pendidikan juga terjadi saat tidak berhasil mendaftar di universitas Terbuka.

2. Pernah Melakoni Beberapa Pekerjaan

Sebelum meraih suksesnya, Zhong Shansan sempat menjalani beberapa pekerjaan. Dia bahkan pernah bekerja sebagai buruh harian. Zhong Shansan juga pernah melakoni pekerjaan sebagai wartawan.

Sebelum mendirikan Nongfu Spring, orang terkaya di China ini pernah menjadi sales makanan ringan. Kemudian pada tahun 1996, dia mendirikan Nongfu Spring sebuah perusahaan air mineral dalam kemasan. Perusahaan ini pada akhirnya berkembang pesat hingga tercatat menguasai 26% pasar air minum kemasan yang ada di China.

3. Mengembangkan Sayap di Dunia Farmasi

Ekspansi yang dilakukan Zhong Shansan adalah dengan memiliki 75% saham di perusahaan farmasi Wantai Biological Pharmacy Enterprise Co. Perusahaan produsen vaksin ini menyumbang tambahan kekayaan Zhong sejak tercatat pada bursa saham di bulan April lalu.

4. Dijuluki Lone Wolf

Julukan sebagai Lone Wolf ini disematkan padanya bukan tanpa alasan. Zhong dikenal memiliki sikap penyendiri. Selain itu, dia menghindari dunia politik. Zhong berhasil membesarkan dua perusahaan dengan tangannya sendiri.

5. Berhasil Menyalip Kekayaan Jack Ma

Banyak orang mengenal Zhong sebagai sosok yang tertutup, tetapi rendah hati. Namun, kepiawaiannya dalam berinvestasi mengantarkan dirinya menjadi orang terkaya di China. Saat ini kekayaannya mencapai US$58,7 miliar, menggeser Jack Ma yang telah berturut-turut memegang posisi ini sebelumnya.

Orang Terkaya di China Tidak Lagi Dari Bisnis Teknologi

Sebelumnya, posisi orang terkaya di China dipegang oleh Jack Ma. Pengusaha sektor teknologi ini bahkan masuk jajaran orang paling berpengaruh di dunia. Hal ini didukung oleh kenyataan bahwa industri sektor teknologi memang populer di kalangan pebisnis di China.

Keberhasilan Zhong Shansan menggeser Jack Ma ini dapat dilihat dari dua sisi. Satu sisi merupakan indikasi melejitnya sektor bisnis farmasi di tengah pandemi Covid-19. Di sisi lain, hal ini juga disebabkan oleh turunnya kekayaan Jack Ma akibat saham Alibaba yang merosot tajam.

Namun, Jack Ma diprediksi masih dapat mencatatkan peningkatan kekayaannya. hal ini disebabkan oleh rencana Ant Group miliknya yang akan melakukan IPO (initial Public Offering) pada bulan oktober mendatang. Jika IPO ini berjalan baik, bisa jadi posisi Zhong Shansan sebagai Orang Terkaya di China dapat digeser.

You can share this post!

Comments