Gawat..!! 49% PDAM di Indonesia Tidak Sehat

PDAMPALEMBANG- Persatuan Perusahaan Air Minum Seluruh Indonesia (Perpamsi) menyebutkan dari 387 perusahaan air minum (PDAM) di Indonesia, 49 % dinilai kondisinya tidak sehat karena belum memiliki manajerial dan pengelolaan yang baik.
Kepala Biro Penyehatan PDAM DPP Perpamsi, Dwike Riyantara, menjelaskan kondisi tersebut
berdasarkan penilaian dari Kementertian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-PR).
Dari segi managerial, operasional, pelayanan, financial, dan pengendalian kehilangan air,” jelasnya saat kunjungan Studi Program Kemitraan Solidaritas Perpamsi, di PDAM Tirta Musi, Kamis (26/5/2016).

Dia menjelaskan penilaian managerial PDAM, bukan ditentukan oleh Perpamsi, karena indikator dari PDAM sehat ini telah ditentukan oleh Kementrian PU-PR. Dimana, dari anggota Perpamsi di Indonesia 387 PDAM, baru sekitar 51% terindikasi sehat.

Namun lanjutnya, angka tersebut naik dari tahun lalu. Meski demikian tidak terlalu signifikan, hal ini harus diperbaiki.

Untuk PDAM Tirta Musi Palembang, sendiri, Dwike mengakui perusahaan milik Pemkot Palembang ini cukup sehat. Bahkan, sejak 2008 lalu, PDAM Tirta Musi, menjadi salah satu PDAM terbaik di Indonesia, karena sudah bisa memperbaiki keuangan, pelayanan, dan teknis sendiri.

PDAM Tirta Musi Palembang, menjadi mentor bagi PDAM lainnya yang masih tidak baik. Beberapa PDAM yang sudah cukup baik seperti Batam, Medan, Bandug, Banjarmasin dan Tangerang, sering melakukan kunjungan ke PDAM Tirta Musi,ulasnya.

Dia menambahkan PDAM Tirta Musi cukup menunjukan nilai positif bagi PDAM lain. Beberapa PDAM dari Padang Panjang, Kabupaten Agam, Rejang Lebong, dan Sijunjung, sering melakukan studi kemitraan ke PDAM Tirta Musi,” ulasnya.

(Red/Irwan Wahyudi).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *