• Indonesia
Pelajari Hal ini Sebelum Bekerja di Pertambangan
Artikel

Pelajari Hal ini Sebelum Bekerja di Pertambangan

Banyak orang yang menganggap bahwa batu bara itu termasuk jenis batu-batuan. Padahal benda satu ini berasal dari sisa fosil tanaman yang terbentuk ratusan juta tahun lalu. Tanaman yang sudah mati tersebut bercampur dengan berbagai media tanah gambut, kemudian digerakkan oleh lempengan tektonik.

Adanya percampuran berbagai zat karbon, oksigen, sulfur, hidrogen dan nitrogen dari tanaman mat inilah yang bisa membentuk fosul tumbuhan menjadi batu bara.  Batu bara berperan dalam industri produksi semen, alumunium, pabrik kertas, bahan kimia dan obat-obatan.

Selain itu beberapa produksi seperti bahan metanol, garam amonia, produk pupuk pertanian, zat pelarut dan pewarna plasti, serta logam silikon juga menggunakan batu bara. Di Indonesia, batu bara biasanya digunakan sebagai sumber tenaga pembangkit listri.

Batu bara menadi bahan bakar yang dikonversikan ke dalam bentuk uap panas dan menjadi sumber tenaga pembangkit listrik. Batu bara sangat mendukung perekonomian negara. Percaya atau tidak, batu bara Indonesia menjadi komoditi ekspor untuk negara yang tidak memiliki sumbernya.

Batu bara juga dapat meningkatkan ekonomi rakyat karena produksinya yang khusus. Batu bara akan membutuhkan tenaga kerja dari berabagai bidang ilmu dengan cara ini. Jadi, batu bara akan meningkatkan penghasilan masyarakat karena bisa mendukung menciptakan lapangan kerja dan beberapa pendukung ekonomi lainnya.

Hal inilah yang menyebabkan banyak orang berlomba-lomba agar dapat terlibat dalam proses pengolahan batu bara. Pekerja tambang adalah salah satu unsur penting dalam proses pengolahan batu bara. Tentynya pekerja tambang batu bara juga harus memiliki fisik dan mental kuat.

Berkerja di lapangan membutuhkan stamina dan kecerdasan yang tinggi. Para pekerja tambang batu bara identik dengan karakter kuat dan tangguh. Di balik sisi plus tersebut, ada sisi minus dari pekerja tambang batu bara, yaitu risiko pekerjaan sangat besar.

Hampir semua pekerja tambang mengalami hal demikian. Berkutat dengan mesin-mesin besar dan bahaya yang sewaktu-waktu dapat mencancam keselamatan diri mereka. Sebenarnya, pemerintah sudah melakukan pengelolaan tambang batu bara dengan sangat baik.

Namun di Indonesia banyak tambang batu bara yang bersifat ilegal dan tidak mendapatkan perhatian dari pemerintah Indonesia. Selain sisi risiko kerja yang besar, harus diperhatikan gambarang perkembangan industri batu bara di masa depan.

Saat ini sedang marak dibicarakan harga batu bara yang semakin anjlok. Beberapa perusahaan batu bara di Indonesia terpaksa gulung tikar. Bekerja di dunia pertambangan adalah hal yang belum banyak dipikirkan orang.

Padahal di situlah tempatnya gaji yang besar. Level cleaning service saja bisa damapt sampai Rp 4 juta rupiah per bulan. Hal yang membuat penghasilan di dunia tambang lebih besar diantaranya karena produknya senantiasa dibutuhkan oleh setiap manusia.

You can share this post!

Comments