• Indonesia
Pentingnya Menggunakan Asuransi Pendidikan Anak Sejak Dini!
Asuransi

Pentingnya Menggunakan Asuransi Pendidikan Anak Sejak Dini!

Mempersiapkan pendidikan anak sama halnya dengan mempersiapkan masa depannya. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan, yaitu dengan merencanakan dana pendidikannya sejak dini. Menurut data yang dikeluarkan Badan Pusat Statistik, biaya pendidikan di Indonesia naik 10% setiap tahunnya. Ini tentu saja menjadi peringatan bagi para orang tua untuk segera mempersiapkan dan pendidikan sebaik mungkin.

Ada berbagai cara yang bisa Anda lakukan untuk merencanakan dana pendidikan anak, mulai dari menabung, investasi, sampai asuransi. Saat ini, asuransi pendidikan anak lebih diminati dibandingkan dengan dua cara tersebut.

Asuransi pendidikan mampu memberikan proteksi lebih pada pendidikan anak. Saat terjadi inflasi, tidak hanya harga kebutuhan pokok saja yang meningkat, tetapi juga biaya pendidikan. Biaya pendidikan khususnya di perkotaan tentu saja tidak murah, mulai dari taman anak-anak hingga perguruan tinggi, baik itu swasta maupun negeri.

Manfaat Asuransi Pendidikan

Sebelum Anda menggunakan asuransi pendidikan anak, sebaiknya ketahui terlebih dahulu manfaat dan keuntunganna, yaitu sebagai berikut.

1. Melindungi Orang Tua

Manfaat [ertama dari asuransi pendidikan, yaitu bisa melindungi orang tua yang menjadi penanggung jawab keuangan. Jika sewaktu-waktu orang tua tersebut mengalami sakit parah atau bahkan meninggal dunia, pihak asuransi bisa segera menanggung dana biaya pendidikan anak sesuai dengan kesepakatan yang sudah dibuat di awal.

2. Menjamin Biaya Pendidikan Anak

Saat memutuskan untuk menggunakan asuransi pendidikan anak, Anda sudah menjamin dana pendidikannya hingga selesai nanti. Dengan adanya layanan ini, Anda bisa dengan mudah mencairkan dana saat anak mulai menginjak jenjang studi tertentu. Oleh karena itu, orang tua tidak perlu khawatir lagi akan urusan dana pendidikan.

3. Memberikan Ketenangan

Salah satu alasan para orang tua mulai menggunakan layanan asuransi pendidikan, yaitu ingin mendapatkan ketenangan dan kenyamanan akan urusan finansial, khususnya untuk dana pendidikan. Dengan mengikuti layanan ini, Anda sudah meminimalisir hal-hal buruk yang kemungkinan terjadi yang menghambat pendidikan anak.

4. Membantu Mengatur Keuangan Lebih Baik

Agar kebutuhan sehari-hari tercukupi, tentu diperlukan adanya pengelolaan uang bulanan yang baik. Menggunakan layanan asuransi pendidikan berarti Anda sudah bisa mengatur keuangan dengan baik. Dengan menggunakan layanan ini, Anda sudah mengalokasikan sebagian dari penghasilan bulanan untuk hal-hal yang bermanfaat dan terarah penggunaannya.

5. Bisa Digunakan sebagai Sarana Investasi

Manfaat terakhir dari memiliki asuransi pendidikan, yaitu bisa digunakan sebagai sarana investasi. Meskipun cara kerjanya tidak sama dengan investasi, layanan yang satu ini memaksa Anda untuk menyisihkan uang setiap bulannya. Anda tentu saja tidak akan selamanya mampu produktif bekerja dan memiliki penghasilan seperti sekarang.

Oleh karena itu memutuskan untuk menggunakan asuransi pendidikan merupakan langkah yang tepat sebagai investasi masa depan anak Anda.

Itulah pentingnya asuransi pendidikan anak sejak dini. Meskipun asuransi hasilnya tidak sebesar investasi, Anda sudah memilih solusi terbaik dalam mempersiapkan masa depan pendidikan si kecil. Proteksi pendidikan anak sejak dini secara langsung bisa menyelamatkan kondisi finansial Anda, sehingga Anda tidak perlu khawatir dengan dana pendidikan yang dibutuhkan di masa mendatang.

Sebelum menggunakan layanan asuransi pendidikan, pastikan Anda memilih lembaga asuransi yang kredibel dan profesional. Kesalahan dalam memiih lembaga asuransi bisa berdampak buruk pada kondisi finansial Anda, bahkan bisa mengalami kerugian. Oleh karena itu, pilihlah lembaga asuransi yang sudah ada di bawah pengawasan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

 

You can share this post!

Comments