• Indonesia
Perbedaan Investasi Saham Biasa dan Saham Preferen, Mana Pilihan Anda?
Investasi

Perbedaan Investasi Saham Biasa dan Saham Preferen, Mana Pilihan Anda?

Di dalam sebuah bursa saham, memang banyak istilah yang membuat para investor merasa bingung. Biasanya, mereka hanya tahu instrument dan juga cara melakukan jual beli saham saja. Padahal jenis dari investasi saham sendiri bervariasi, misalnya saja investasi saham biasa dan saham preferen.

Kedua jenis investasi saham tersebut tentu saja mempunyai perbedaan yang memberikan daya tarik tersendiri untuk para investor. Sehingga perbedaan tersebut dijadikan sebagai alasan untuk memilih jenis investasi saham mana yang ingin dijalankan. Lalu apa saja perbedaan dari investasi saham biasa dan saham preferen? Inilah beberapa di antaranya:

Perbedaan Saham Biasa dan Saham Preferen, Karakteristik Berbeda

Perbedaan dari investasi saham biasa dan preferen sendiri terlihat pada karakteristiknya. Pada saham biasa, dividen ini dibayarkan sepanjang perusahaan mendapatkan laba serta hanya dapat dibagi berdasarkan keputusan dari pemilik saham dalam rapat umum pemegang saham.

Untuk hak suara sendiri memiliki sifat one vote, one share di dalam rapat pemegang umum saham.

Kemudian pemilik menempati posisi terakhir di dalam hal pembagian kekayaan dari perusahaan tersebut jika perusahaan dilikuidasi ataupun dibubarkan setelah semua kewajiban sebuah perusahaan tersebut sudah dilunasi. Tak hanya itu saja, perusahaan mempunyai tanggung jawab terbatas pada klaim yang sama dengan porsi saham yang dimiliki.

Di sisi lain, investasi saham preferen sendiri mempunyai karakteristik yang berbeda, dimana investor mempunyai hak istimewa untuk bisa mendapatkan dividen serta mempunyai hak pembayaran secara maksimum sebesar nilai nominal saham terlebih dulu setelah kreditor, setelah perusahaan tersebut dilikuidasi atau dibubarkan.

Selain itu, jika perusahaan bangkrut, nantinya akan diberikan hak untuk mendapatkan pembagian kekayaan perusahaan di atas pemegang saham biasa. Semuanya akan diberikan setelah semua kewajiban dari pemula sudah dilunasi.

Saham Biasa Independen Sedangkan Preferen Gabungan

Perbedaan dari investasi saham biasa dan saham preferen selanjutnya adalah independen untuk saham biasa, sedangkan untuk saham preferen gabungan. Saham biasa didaftarkan perusahaan serta menjadi saham ataupun surat berharga yang menempatkan pemiliknya.

Di dalam hal ini, pihak perusahaan di posisi terakhir di dalam pembagian dividen serta ha katas kekayaan perusahaan.

Sehingga, saat orang – orang mulai mencoba investasi di bursa saham, sebagian besar orang tersebut mempunyai jenis saham biasa karena yang diperdagangkan pada bursa saham adalah mayoritas saham biasa.

Sedangkan untuk saham preferen sendiri lebih sering disebut dengan saham gabungan di antara obligasi serta saham biasa. Hal tersebut karena dapat menghasilkan pendapatan tetap, misalnya saja obligasi dan juga bunga.

Tetapi, saham juga tidak mendatangkan hasil seperti yang diinginkan investor ataupun saham yang memberikan dividen secara tetap dan sudah dinyatakan sebelumnya. Jadi, untuk dividen saham preferen sendiri adalah suatu pendapatan yang tetap karena tak mempunyai tanggal jatuh tempo.

Saham Preferen Dibagi 2 Jenis

Pada saat saham biasa hanya berdiri sendiri, untuk saham preferen ini tidak demikian. Investasi saham preferen ini dibagi menjadi dua jenis, yaitu saham preferen partisipasi dan juga saham preferen non kumulatif.

Dalam saham preferen partisipasi, pemilik memperoleh dividen di dalam jumlah yang sama di setiap tahunnya. Tetapi, saat perusahaan memperoleh persentase keuntungan lebih, pemilik akan memperoleh persentase keuntungan dari perusahaan tersebut.

Sedangkan untuk saham preferen non kumulatif, pemilik nantinya tidak akan memperoleh dividen di tahun tersebut, dividen pada tahun berikutnya tak bisa digabungkan atau tidak memperoleh keuntungan pada tahun sebelumnya.

Itulah beberapa perbedaan investasi saham biasa dan saham preferen yang dapat Anda ketahui. Dengan demikian, tentu saja nantinya Anda bisa menentukan jenis investasi saham yang cocok.

You can share this post!

Comments