Busettt..! Sidak BPOM Sumsel Temukan Ikan Formalin di Carrefour dan Pasar Tradisional

imagesPalembang – Inspeksi Mendadak (Sidak) yang dilakukan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menemukan produk ikan mengandung formalin di pasar tradisional dan pasar modern, seperti Carrefour dan sejumlah pasar tradisional di Palembang.

Kepala Bidang Bina Usaha Dinas Kelautam dan Perikanan, Luluk Hari Suci mengatakan, pihaknya kali ini melakukan pemantauan di tiga lokasi. Mulai dari Pasar Cinde, Pasar KM 5 dan Carrefour. Pihaknya berhasil menemukan sedikitnya 15 produk ikan yang mengandung formalin. Pasar KM 5 menemukan ikan asin Sepat, Cumi dan ikan laut serta ikan tawar. Di Pasar Cinde, ditemukan cumi, ikan tenggiri giling, dan udang galah.

“Di Carrefour ada cumi, ikan banyar kembung, bawal putih serta terasi. Secara total dari tiga lokasi, ada sekitar 15 produk yang mengandung formalin,” paparnya disela-sela sidak terpadu, Jumat (10/6/2016).

Dalam sidak terpadu, BPOM menggandeng Badan Ketahanan Pangan, Dinas Perikanan dan Kelautan Sumsel, Dinas Pertanian dan dinas terkait lainnya. Dengan tujuan memastikan keamanan dan kualitas produk kebutuhan pangan masyarakat di bulan ramadhan.

Selanjutnya, pihaknya akan memberikan pembinaan terhadap pedagang yang ketahuan menjual produ ikan berformalin. Sehingga, pedagang tidak akan menglangi lagi perbuatannya. Mengingat bahaya yang dapat disebabkan oleh formalin.”Kalau masih bandel, akan kami serahkan kepada pihak yang berwenang,” tegasnya. (one)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *