Kadin : Dunia Usaha Komit Bantu Pemerintah Stabilkan Harga Pangan

indexJakarta – Kalangan dunia usaha berkomitmen untuk membantu pemerintah menstabilkan harga pangan selama bulan ramadhan hingga Lebaran dengan melakukan langkah-langkah terobosan untuk menjaga stabilitas harga pangan, khususnya komoditas daging ayam, daging sapi, beras, dan bawang merah.

Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Rosan Perkasa Roeslani mengatakan,sehingga dunia usaha menilai kebijakan importasi bahan pangan yang dilakukan pemerintah hanya bersifat jangka pendek dan tidak menyelesaikan persoalan jangka panjang.

Sebab, katanya yang harus diperhatikan secara menyeluruh adalah jalur distribusi, supply chain, dan sistem regulasi yang berlaku.

“Kita harus menggunakan sistem perencanaan yang tidak bersifat ad hoc atau sesaat. Kita harus mempunyai perencanaan jangka pendek, menengah, dan panjang serta skala prioritas. Saya yakin, kalau itu dilakukan semuanya bisa berjalan sesuai harapan,” kata Rosan saat mengunjungi pusat perbelanjaan Thamrin City, Jakarta, Selasa (14/6/2016).

Pada kesempatan itu, Rosan didampingi Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia Bidang Industri Pengolahan Makanan dan Peternakan, Juan Permata Adoe, Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia Bidang Perdagangan dan Bulog Benny Soetrisno, Ketua Komite Tetap Ketahanan Pangan Kadin Franciscus Welirang, dan sejumlah pimpinan perusahaan produsen komoditas strategis.

Oleh sebab itu, dia optimistis kemajuan teknologi akan memudahkan pemerintah dan dunia usaha mengawasi proses produksi, pengiriman, penyimpanan , distribusi, dan penjualan produk dalam rangka memenuhi permintaan dapat (supply chain) secara baik.

“Supply chain akan bisa diperpendek. Pasokan barang cukup. Tapi kendalanya, teman-teman di daerah selalu mengatakan, begitu harga di Jakarta bergejolak pasti di daerah akan ikut bergejolak,” kata Rosan.

Rosan secara tegas menyatakan akan menegur atau memperingatkan pengusaha yang spekulatif mengeruk keuntungan dengan memanfaatkan kenaikan demand pada momen Puasa hingga Lebaran.[red]

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *