• Indonesia
Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Berinvestasi di Perusahaan Startup
Investasi

Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Berinvestasi di Perusahaan Startup

Mungkin istilah perusahaan startup mulai menggaung beberapa tahun belakangan setelah beberapa perusahaan startup berkembang menjadi perusahaan unicorn yang merubah dunia dengan kecanggihan teknologi perkembangan dunia digital. Tentu kesuksesan perusahaan startup ini membuat calon investor tergiur dengan keuntungan yang akan didapatkan. Apalagi bisnis startup biasanya berhubungan dengan fasilitas public dan kesejahteraan hidup orang banyak dan membuka lapangan kerja. Tentu strategi bisnis yang masih bisa dikembangkan lagi dalam beberapa tahun ke depan.

Sebelum memulai berinvestasi di sebuah perusahaan startup, ada baiknya anda memperhatikan 5 hal berikut ini. Apalagi mendapatkan dana dari para investor bisa membuat sebuah startup melesat menjadi lebih besar lagi.

  1. Jenis bisnis startup

Saat ini semua orang bisa membuat perusahaan startup dengan ide-ide brilian yang mereka punya. Investor pun berama-ramai mengucurkan dana dengan perhitungan yang sangat matang. Jika anda termasuk investor yang ingin mengucurkan dana segar ke sebuah perusahaan rintisan seperti ini, lihat jenis bisnis yang akan diusung. Bisnis dengan tema yang unik bisa membuat competitor berkurang karena hanya startup ini saja yang memulainya meski nantinya akan ada startup competitor. Jadi perhatikan jenis bisnis dari startup yang anda usung. Usahakan jenis bisnisnya sesuai dengan kepribadian anda dan anda menyukainya sehingga dalam perkembangannya anda bisa memberikan masukan dari ide bisnis tersebut dan bukan hanya sebagai penyandang dana di belakang layar.

  1. Founder dan tim

Ide brilian saja tidak cukup untuk membangun startup dan bertahan hingga sukses melewati badai persaingan dan perubahan yang begitu cepat. Jadi hal berikutnya yang mesti anda perhatikan adalah tim dan juga founder yang menginisiasi startup tersebut. Kenali lebih jauh tentang founder dan tim di belakangnya. Pastikan mereka adalah orang-orang gila yang berpikir jauh ke depan dibandingkan hanya untuk gaya-gayaan membuat startup dan mendapatkan sandangan dana. Dengan kemantapan terhadap founder dan tim, anda juga bisa dengan tangan terbuka menyiapkan dana untuk startup ini.

  1. Rekam jejak

Tak bisa dipungkiri ciri perusahaan yang sukses adalah rekam jejak yang juga menampakkan peningkatan dalam produktifitas dan kreatifitas. Rekam jejak yang baik bisa membuat anda lebih lega karena perjalanan startup ini menampakkan pertumbuhan yang baik. Ke depannya jika ada dana yang dikucurkan pastinya akan jadi lebih baik lagi. Tentu rekam jejak yang meningkat mengindikasikan sistem yang sehat dan orang-orang yang positif di dalamnya.

  1. Perputaran modal

Semua investor menginginkan perputaran modal yang cepat dan tentu hasil yang memuaskan. Tapi investor tidak harus mengejar ini jika melihat bagaimana setiap startup bergerak dengan caranya sendiri-sendiri dengan kemampuan founder dan tim melihat jauh ke depan. Asalkan dana yang dikucurkan memang benar bermanfaat untuk masa depan startup, tentu tidak perlu buru-buru meminta keuntungan yang luar biasa dari startup yang sedang berkembang. Karena sejatinya startup tidak sama seperti perusahaan yang merangkak naik mengikuti perkembangan pasar. Startup bisa melesat dalam waktu sebulan dengan treatmen yang tepat tanpa harus melihat perubahan pasar di luar sana.

  1. Pencapaian pertahun

Melihat bagaimana sebuah perusahaan berkembang, tidak cukup melihatnya satu dua bulan saja sejak awal dirilis. Anda perlu melihat pencapaian startup satu tahun ke belakang sejak dirilis dan apa yang dilakukan dalam satu tahun ke depannya. Startup yang berkembang tentu yang menghasilkan keuntungan tapi lebih baik lagi melihat bagaimana potensi perkembangannya beberapa waktu ke depan hingga melesat dan jadi unicorn hanya dalam waktu beberapa tahun saja.

You can share this post!

Comments