• Indonesia
Pertimbangkan 6 Hal Ini Sebelum Membeli Ruko
Properti

Pertimbangkan 6 Hal Ini Sebelum Membeli Ruko

Ruko merupakan bangunan alternatif bagi siapa pun yang ingin menjalankan bisnis. Menurut Wicaksono, ruko atau rumah toko merupakan bangunan yang dibuat bertingkat, yaitu mulai dari satu sampai lima lantai. Lantai bagian bawah umumnya digunakan untuk tempat bisnis, sedangkan lantai bagian atas digunakan untuk tempat tinggal.

Dengan memiliki ruko ini, Anda bisa mendapatkan dua keuntungan sekaligus. Selain bisa menjalankan bisnis, Anda juga bisa menjalani aktivitas sehari-hari dan berkumpul bersama keluarga. Dengan begitu, ruko menjadi bangunan yang cukup efektif bagi Anda yang ingin berbisnis, namun masih ingin dekat dengan keluarga.

Saat ini, banyak developer yang menawarkan ruko mulai dari harga yang miring sampai dengan yang fantastis sekali pun. Namun, sebelum Anda memutuskan untuk membeli ruko, sebaiknya perhatikan hal-hal berikut ini.

1. Lokasi Ruko

Lokasi ruko menjadi salah satu penentu sukses tidaknya bisnis Anda. Oleh karena itu, pastikan Anda memilih ruko dengan lokasi yang strategis. Lokasi yang strategis umumya berada di pinggiran jalan besar yang tidak jauh dari pusat perbelanjaan, dekat dengan pusat kota, mudah menapatkan akses transportasi, dan lain-lain. Dengan demikian, bisnis yang akan dijalankan berpotensi ramai pembeli.

2. Memperhatikan Model Ruko

Perhatikan model ruko sebelum Anda membeli. Pilih model ruko yang dapat menunjang kebutuhan Anda. Misalnya, Jika Anda sudah berkeluarga dan ingin merintis bisnis sebaiknya memilih ruko dua atau tiga lantai. Sebaliknya, jika Anda tinggal seorang diri, ruko satu lantai saja sudah cukup.

Pastikan juga setiap ruangannya disesuaikan dengan kebutuhan, baik itu untuk bisnis maupun tempat tinggal. Jika Anda ingin berbisnis toko kelontong, model ruangannya tentu akan berbeda dengan model bisnis otomotif, dan lain sebagainya.

3. Memperhatikan Harga Jual Ruko

Harga jual merupakan hal yang tidak kalah pentingnya untuk dipertimbangkan. Oleh karena itu, pastikan Anda sudah mengecek harga jual ruko yang ada di pasaran. Jika ruko tersebut memiliki harga jual yang sesuai dengan kondisi finansial Anda, tidak ada salahnya untuk segera membayar uang muka. Namun, jika harga jual tidak memungkinkan, sebaiknya Anda mencari ruko yang lain.

Rencana membeli ruko haruslah dipertimbangkan secara matang, apalagi jika Anda membelinya untuk tujuan jangka panjang.

4. Memastikan Tujuan Membeli Ruko Terlaksana

Tujuan membeli ruko tak lain adalah untuk menjalankan sebuah bisnis. Oleh karena itu, pastikan rencana bisnis Anda tersusun secara matang. Dengan begitu, Anda sudah bisa memulai bisnis saat memiliki ruko. Jika tujuan menjalankan bisnis gagal, buatlah rencana lain, misalnya, Anda bisa menyewakan atau mengontrakan ruko tersebut.

5. Memperhatikan Cicilan

Jika Anda memutuskan untuk membeli ruko secara kredit, perhatikan biaya cicilan per bulannya. Pilihlah masa tenor sesuai dengan kemampuan finansial Anda. Jika Ana menggunakan fasilitas KPR, jangan lupa untuk mengecek status kepemilikannya yang bisa dibuktikan melalui sertifikat. Untuk meminimalisir kerugian, sebaiknya hindari pembayaran cicilan yang lebih cepat dari masa konstruksinya.

6. Memperhatikan Surat Legalitas Ruko

Langkah yang terkahir, yaitu dengan memperhatikan surat-surat legalitas ruko. Pastikan surat-surat seperti SHGB, SHM dan IMB sudah lengkap. Selain itu, cek juga keasliannya karena tidak semua developer memiliki kejujuran saat menjalankan tugasnya. Jika perlu, Anda bisa mengecek keaslian surat-surat tersebut di instansi yang terkait.

Itulah enam hal yang harus Anda pertimbangkan sebelum membeli ruko. Semoga artikel ini bermanfaat.

 

You can share this post!

Comments