• Indonesia
Pilih Bank Syariah Atau Konvensional? Pahami Dulu Perbedaannya
Artikel

Pilih Bank Syariah Atau Konvensional? Pahami Dulu Perbedaannya

Meskipun bank syariah telah berdiri cukup lama di Indonesia, namun masih banyak masyarakat yang awam terhadapnya. Hal ini terjadi karena bank syariah belum menyentuh daerah-daerah terpencil meskipun hampir semua bank ternama di Indonesia telah memiliki layanan syariah. Selama ini bank syariah hanya menjangkau daerah perkotaan saja, sehingga banyak masyarakat yang masih belum paham terkait jenis dan layanan dari bank ini.

Di beberapa daerah, bank konvensional lebih mendominasi, mengingat bank ini telah berdiri sejak lama jauh sebelum bank syariah dikenal oleh masyarakat. Padahal jika Anda ingin menggunakan layanan perbankan, Anda perlu mengetahui masing-masing layanan kedua jenis bank tersebut agar memperoleh manfaat dengan tepat.

Berikut ini adalah 4 perbedaan mendasar antara bank syariah dan bank konvensional yang perlu Anda ketahui.

 

  • Sistem operasional

 

Dilihat dari sistem operasionalnya, kedua bank ini yaitu bank syariah dan bank konvensional memiliki perbedaan mendasar. Bank syariah mengikuti aturan dalam syariat islam dalam operasionalnya. Semua kegiatan dilakukan berdasarkan fatwa MUI dan juga syariat islam lainnya.

Sedangkan bank konvensional akan berjalan berdasarkan standar aturan perbankan yang telah ditetapkan oleh pemerintah dan sisetem operasional keseluruhannya tunduk pada hukum-hukum positif Indonesia. Pengaturan dari pemerintah ini dibuat melalui lembaga keuangan dan juga pihak lain yang terkait.

Dari sini terlihat jelas perbedaan dalam sistem operasional kedua bank diatas. Perbedaan sistem operasional ini tentu akan berpengaruh terhadap segala jenis layanan bank nantinya.

 

  • Pengelolaan dana

 

Dalam usaha pengelolaan dananya, terdapat juga perbedaan antara bank syariah denga bank konvensional. Meskipun kedua bank ini sama-sama memperoleh dana dari nasabah maupun dari simpanan bank sendiri, namun cara pengelolaannya sangat jauh. Bank syariah mengelola dana dan menginvetasikannya hanya dalam bisnis yang diperbolehkan dalam syariat islam. Tidak boleh sembarangan investasi dalam bisnis apapun, karena ditakutkan ada unsur keharaman di dalamnya.

Sedangkan pada bank konvensional, dana akan diinvestasikan pada bisnis apa saja selama masih aman dan menguntungkan. Yang penting bisnis tersebut memenuhi standar hukum yang ada di Indonesia dan tidak menyalahi undang-undang. Pihak bank juga bebas mencari keuntungan dari lini manapun guna memperoleh dana yang besar untuk kemanfaatan para nasabah.

 

  • Pembagian keuntungan

 

Bank syariah dan konvesional sama-sama membagikan keuntungan bagi para nasabah dari hasil investasi. Namun terdapat perbedaan yang mencolok perihal pembagian keuntungan dalam kedua bank diatas. Bank syariah tidak menggunakan prinsip bunga dalam pembagian usahanya, hal ini dikarenakan bunga dilarang dalam syariat islam. Bank syariah akan memberikan keuntungan berupa bagi hasil dimana pinak bank dan nasabah sama-sama menanggung dari hasil investasi tersebut dalam sistem bagi hasil.

Sedangkan pada bank konvesional, pembagian keuntungan didasarkan pada suku bunga sesuai dengan UU Perbankan. Suku bunga akan berbeda-beda tergantung dari ketentuan pemerintah. Yang jelas suku bunga ini harus menguntungkan pihak bank karena akan dijadikan dasar untuk menjalankan operasional bank.

 

  • Akad dan cara bertansaksi

 

Transaksi dalam bank syariah dan konvesional juga berbeda. Dalam bank syaroah dikenal akad akad al-Mudharabah (bagi hasil), al-Musyarakah (perkongsian), al-Musaqat (kerja sama tani), al-Ba’i (bagi hasil), al-Ijarah (sewa-menyewa), dan al-Wakalah (keagenan) yang keseluruhannya diatur berdasarkan fatwa MUI.

Sedangkan dalam bank konvesional tidak mengenal akad ini karena cara transasksinya diatur dan ditetapkan oleh pemerintah berdasarkan UU yang berlaku.

Setelah mengetahui perbedaan dasar ini, Anda bisa memilih layaan bank mana yang akan Anda gunakan. Pilih berdasarkan manfaat dan juga kebutuhan Anda.

 

You can share this post!

Comments