Kembangkan ‘Securitas Financing’, BEI Berencana Bentuk PT

BEI 2Jakarta – PT Bursa Efek Indonesia (BEI) bersama regulator pasar modal lainnya akan membentuk perseroan terbatas yang menjalani bisnis di bidang pembiayaan marjin untuk perusahaan efek atau “securities financing” pada 2016.

Ditargetkan pada tahun ini perseroan terbatasnya sudah dibentuk sehingga bisa segera berjalan operasionalnya,”kata Direktur Pengawasan Transaksi dan Kepatuhan BEI, Hamdi Hassyarbaini di Jakarta.

Dia menambahkan, perusahaan pembiayaan itu nantinya akan memberikan pinjaman kepada perusahaan sekuritas yang menjadi Anggota Bursa (AB) untuk kebutuhan pembiayaan transaksi marjin.

Disebutkan,plafon pinjamannya sekitar Rp100 miliar. Hamdi mengungkapkan, pihaknya sudah mengajukan rencana itu kepada Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Secara lisan, OJK menyetujui rencana pembentukan perusahaan pembiayaan itu.

Untuk tahap awal, lembaga pembiayaan itu akan didanai oleh Self Regulatory Organization (SRO) pasar modal, yakni BEI, PT Kliring Penjaminan Efek Indonesia (KPEI), dan PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI). Jika sudah berjalan baik, maka ke depannya lembaga itu akan mencari sumber pendanaan lain.

Sebelumnya, Deputi Komisioner Pengawas Pasar Modal I OJK, Sardjito mengatakan bahwa usulan BEI mengenai skema baru transaksi marjin cukup positif karena berpotensi meningkatkan likuiditas pasar modal domestik.

Pada prinsipnya, OJK memandang positif usulan dari bursa itu, kami akan segera melakukan pembahasan, intinya kami mendukung usulan yang dapat meningkatkan likuiditas di pasar modal,”ujarnya.[red/oke]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *