• Indonesia
Tahap Bermain Pasar Modal yang Aman
Artikel

Tahap Bermain Pasar Modal yang Aman

Di dunia pasar modal, saham merupakan instrumen investasi dengan tingkat risiko paling besar dibandingkan instrumen investasi lainnya, tetapi saham memberikan imbal balik atau keuntungan yang besar pula.

Berinvestasi di pasar modal memang memiliki karakteristik risiko dan return (imbal balik) di atas rata-rata investasi dari produk perbankan lainnya, seperti deposito atau tabungan berjangka.

Namun ada pula risiko investasi pasar modal yang harus dipahami dengan baik agar Anda bisa memaksimalkan keuntungan dan meminimalisir kerugiannya. Sebagai calon investor, sebelum memutuskan untuk menanamkan dana di pasar modal dan bermain saham, hal mendasar yang harus Anda miliki adalah kemauan untuk belajar tentang saham dan mengenali tipe profil risiko investasi Anda.

Rajin Membaca

Belajar tentang saham itu mudah. Apalagi kemudahan mendapatkan informasi saat ini. Rajin-rajinlah membaca informasi dari internet, buku, majalah keuangan, hasil riset lembaga keuangan atau berkonsultasi dengan penasihan investasi.

Jangan pernah membeli produk investasi yang tidak Anda pahami yang hanya akan merugikan Anda. Agar investasi Anda memberikan hasil yang memuaskan, jangan malas untuk mencari informasi dan mempelajarinya.

Pahami Saham Indonesia

Sebelum berinvestasi saham, Anda harus memahami cara membeli saham Indonesia di bursa saham. Caranya Anda terlebih dahulu membuka rekening saham atas nama Anda. Pembukaan rekening saham dilakukan ke perusahaan sekuritas (perusahaan pialang atau perusahaan broker saham).

Secara teknis, pembukaan rekening saham mirip dengan pembukuan rekening tabungan. Umumnya, saldo awal rekening untuk investasi saham dimulai dari Rp 5 juta sebagai saldo awal minimal.

Lakukan Konsultasi

Proses lainnya, Anda akan diminta untuk mengisi formulir aplikasi pembukaan rekening investor dengan melampirkan data identitas alamat tempat tinggal, data usaha atau pekerjaan, data ahli waris dan copy rekening buku tabungan Anda.

Transaksi jual beli saham dilakukan melalui perantara bernama perusahaan sekuritas. Setelah Anda memiliki rekening saham, Anda bisa memulai membeli saham yang Anda inginkan. Lakukan konsultasi saat Anda memiliki saham sebelum melakukan pembelian.

Aktif Belajar

Aktiflah bertanya dan mempelajari saham-saham perusahaan yang memiliki prospek bagus untuk investasi. Sebelum Anda membeli saham, pelajari analisa fundamental sederhana tentang kondisi perusahaan saham yang Anda pilih.

Lakukan monitoring pada berita-berita terkait perusahaan tersebut. Tujuan memonitoring adalah melihat kondisi perusahaan tersebut apakah perusahaan yang bertumbuh dan berkembang dengan sehat dan menuai untung atau sebaliknya.

Selain itu, perhatikan pula berita lainnya seperti rencana bisnis perusahaan tersebut, apakah perusahaan tersebut memiliki rencana untuk ekspansi bisnis, akuisis perusahaan baru atau sebaliknya memiliki rencana untuk pengurangna atau penyusutan bisnis.

You can share this post!

Comments