• Indonesia
Ternyata Kamu Dapat Berinvestasi Emas Melalui Pegadaian Lho!
Investasi

Ternyata Kamu Dapat Berinvestasi Emas Melalui Pegadaian Lho!

Apa yang ada dalam pikiran kamu ketika mendengar kata Pegadaian? Yes, sebuah lembaga keuangan yang dicari saat membutuhkan dana dalam waktu cepat. Kamu tinggal membawa emas atau barang berharga, ditaksir harganya, diberi sejumlah uang sesuai taksiran, dan barang dititipkan dalam jangka waktu tertentu.

Ya, Pegadaian memang sejak lama dikenal sebagai tempat untuk menggadaikan barang dengan bunga dan biaya administrasi sangat rendah.

Tidak banyak yang tahu kalau PT Pegadaian merupakan salah satu Badan Usaha Milik Negara atau BUMN. Perusahaan milik pemerintah. Meski banyak perusahaan gadai lain, Pegadaian tetap menjadi favorit.

Tidak banyak yang tahu pula kalau di Pegadaian kamu dapat menabung sekaligus berinvestasi lho! Namanya Tabungan Emas. Sebuah cara investasi logam mulia batangan dengan mudah dan praktis.

Apa saja kelebihan investasi emas melalui Pegadaian? Ini dia beberapa di antaranya!

  1. Membeli Emas dengan Cara Kredit atau Tunai

Pegadaian menyediakan emas yang dapat dibeli secara tunai maupun kredit. Ini sangat menguntungkan dibanding kamu membelinya di marketplace secara online yang tidak terjamin dalam pengiriman barang berharga. Apalagi Pegadaian kini ada di hampir setiap kelurahan di Indonesia.

Selain membeli secara tunai, Pegadaian juga menyediakan  pembelian secara kredit atau menyicil. Datang saja ke kantor terdekat, kamu akan mendapatkan penawaran kredit emas batangan dengan berat tertentu.

  1. Tabungan Emas

Selain pembelian secara tunai dan kredit, kamu juga dapat memperoleh emas batangan di Pegadaian dengan program tabungan emas.

Tidak seperti cicilan yang jumlahnya ditentukan, tabungan dapat kamu setorkan dengan jumlah minimal Rp10.000,00. Tabungan tersebut dalam jumlah tertentu akan dikonversi dengan logam mulia batangan sesuai harga yang berlaku.

  1. Saldo Tabungan dalam Bentuk Emas

Keuntungan yang paling luar biasa dari tabungan emas adalah saldo berbentuk emas. Misalkan uang yang terkumpul sejumlah Rp700.000,00 dan itu merupakan harga 1 gram emas, maka akan dituliskan demikian di saldo.

Saldo yang berupa emas akan lebih menguntungkan karena nilainya akan bertambah dari waktu ke waktu. Ini juga bukan merupakan bagian dari bunga yang riba menurut umat Islam. Jadi, cukup aman secara syariah.

Apalagi biaya administrasi di Pegadaian sangat kecil dibandingkan lembaga keuangan perbankan.

  1. Harga Mengikuti Kurs Dolar

Tentu saja harga emas di Pegadaian sama dengan emas di tempat lain, mengikuti nilai Dolar Amerika yang cenderung naik. Kamu tidak perlu khawatir akan mendapat kerugian dengan investasi emas dengan tabungan emas melalui Pegadaian.

  1. Dapat Dicetak dalam Bentuk Emas Batangan

Ketika tabungan sudah mencapai jumlah tertentu yang disyaratkan atau batangan emas minimal, yaitu 1 gram kamu bisa saja memperoleh emasnya.

Emas yang dikeluarkan Pegadaian adalah emas Antam dengan sertifikat keasliannya.

  1. Dapat Diambil dalam Bentuk Uang

Kamu membutuhkan uang dalam waktu cepat? Tabungan yang saldonya berupa emas dapat diuangkan. Kemungkinan kamu dapat memperoleh uang dalam jumlah lebih besar dari yang ditabungkan jika harga emas sedang tinggi.

  1. Dapat Digadaikan dan Dijual

Emas yang sudah dicetak dapat kamu gadaikan atau dijual kembali ke Pegadaian saat dibutuhkan.

Tidak perlu sulit mencari toko yang mau membeli emas batangan kamu. Datang saja kembali ke Pegadaian maka semuanya akan lancar. Pegadaian akan membeli kembali emas yang peroleh dari tabungan emas di sana dengan harga yang berlaku saat itu. Jika kamu membeli emas batang di tempat lain, Pegadaian biasanya tidak menerima penjualan kembali. Kamu hanya bisa menggadaikannya.

Wah, semakin mudah ya ternyata investasi emas? Yuk mulai berinvestasi dari sekarang!

You can share this post!

Comments