• Indonesia
Tips Agar Tetap Bisa Travelling ke Luar Negeri Meski Rupiah Melemah
Artikel

Tips Agar Tetap Bisa Travelling ke Luar Negeri Meski Rupiah Melemah

Semakin lemah nilai tukar rupiah, makin mahla pula biaya travelling ke luar negeri yang harus dikeluarkan. Terutama untuk destinasi negara-negara yang menggunakan mata uang dolar. Potensi melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar AS (Amerika Serikat) sempat berlangsung hingga akhir tahun 2018.

Tentu saja hal ini semakin mengkhawatirkan para traveller budget pas-pasan yang hobi ke luar negeri. Tapi selalu ada cara selama mau berusaha. Selama tahu bagaimana cara menyisasatinya, pelemahan rupiah tidak akan jadi penghalang untuk melakukan hobi travelling ke luar negeri.

1. Ganti Tujuan Travelling

Bila sebelumnya sudah menentukan tujuan travelling dan ternyata mata uang negara tersebut mahal, jangan ragu untuk mengubah tujuan. Jika tidak, tak menutup kemungkinan keuangan akan kedodoran jika memaksakan.

2. Pilih ke Negara Berkembang

Lebih parah lagi jika batal travelling ke luar negeri karena ternyata tabungan jalan-jalan tidak mencukupi. Setelah memutuskan untuk mengubah tujuan travelling, selanjutnya adalah memilih negara-negara berkembang sebagai destinasi liburan.

3. Jangan Bingung Memilih

Umumnya, negara-negara berkembang memiliki mata uang yang juga melemah dengan dolar AS. Biaya travelling tetap terjangkau dengan demikian. Tentu saja tidak perlu bingung mencari dan memilih negara-negara berkembang mana saja yang layak masuk dalam daftar destniasi travelling.

4. Cari Destinasi Negara yang Mata Uangnya Melemah

Ada banyak negara-negara berkembang di dunia ini, mulai dari benua Eropa, Asia, Afrika dan bahkan Amerika. Setidaknya ada beberapa negara yang layak menjadi liburan karena mata uangnya juga cukup lemah terhadap dolar AS.

5. Ikuti Perkembangan dan Pergerakan Kurs Terbaru

Jika tidak semua negara berkembang mata uangnya melemah terhadap dolar AS, maka tidak juga semua negara maju mata uangnya menguat. Kenapa tidak mengunjungi negara yang mata uangnya belakangan ini juga turut serta melemah terhadap dolar AS jika memang sangat ingin travelling ke negara maju di Benua Eropa.

6. Cari Promo

Bisa dengan mudah menentukan rencana travelling dan mengambil keputusan tepat dengan mengikuti perkembangan dan pergerakan nilai tukar terbaru. Jangan lupa untuk mengikuti update berita-berita ekonomi dalam negeri maupun luar negeri agar tidak ketinggalan informasi terbaru.

7. Manfaatkan

Banyak cara untuk mendapatkan tiket pesawat murah agar budget travelling ke luar negeri tetap hemat meski rupiah melemah. Bisa mengunjungi trafel fair yang acaranya digelar secara langsung, maupun berselancar tanpa lelah mencari tiket promo atau aplikasi maskapai penerbangan dan agen perjalanan.

8. Berjejaring

Tidak asing lagi banyak fasilitas yang bisa dimanfaatkan dari kartu kredit. Cukup banyak kartu kredit yang memberikan privilege pada penggunanya untuk menikmati berbagai fasilitas untnuk penerbangan, seperti promo tiket pesawat atau bertransaksi di luar negeri.

You can share this post!

Comments