• Indonesia
Tips Aman Menggunakan Kartu Kredit
Kartu Kredit

Tips Aman Menggunakan Kartu Kredit

Kehadiran teknologi yang mempermudah kehidupan kita sehari-hari tentu berpengaruh pada cara bayar kita dalam transaksi keuangan. Ini membuat kartu kredit menjadi pilihan alat bayar dan juga cara mengelola uang yang digemari dewasa ini. Kartu ajaib ini tentu udah dikenal sebagai salah satu alat bayar yang sangat fungsional karena cepat dan ringkas. Anda tidak perlu membawa uang kemana-mana karena semua transaksi bisa dilakukan hanya dengan menggesekkan kartu saja. Apalagi budaya berbelanja daring saat ini cukup marak dilakukan dan bisa diakomodasi oleh kehadiran kartu kredit.

Namun kehadiran kartu kredit bukan tanpa resiko, banyak bahaya yang jika tidak dikelola dengan baik justru malah membahayakan neraca keuangan pribadi kita. Diperlukan kebijakan dalam menggunakan kartu kredit agar tidak menjadi boomerang. Nah, bagi anda yang ingin menggunakan kartu kredit dengan aman, ada beberapa hal yang harus anda pahami terlebih dahulu. Bukan aturan tapi pengingat agar anda bisa memanfaatkan fungsinya dengan baik tapi tetap aman mengelola pemasukan dan pengeluaran.

  1. Buat sesuai kebutuhan

Biasanya bank pembuat kartu kredit bekerja sama dengan toko komersil untuk mempermudah nasabah yang juga pelanggan toko tersebut dalam berbelanja produknya. Anda bisa memilih kartu kredit yang sesuai dengan kebutuhan anda dalam hal ini. Jika anda senang menggunakan kartu kredit untuk wisata kuliner, maka buatlah kartu kredit yang menawarkan keunggulan transaksi dengan restoran dan kafe, sedangkan jika anda gemar berbelanja produk fashion, tentu mencari kartu kredit untuk mempermudah transaksi di toko dan mall adalah pilihan yang tepat. Ingat juga biaya-biaya yang anda keluarkan untuk membiayai fitur kartu kredit tersebut yang sebenarnya tidak anda perlukan.

  1. Hindari memiliki banyak kartu kredit

Anda perlu benar-benar membenamkan dalam pikiran bahwa sejatinya penggunaan kartu kredit adalah melakukan pinjaman atau hutang ke bank untuk membantu anda membiayai atau membayar sesuatu. Jadi lebih baik tidak memiliki banyak kartu kredit dalam satu waktu. Maksimal anda hanya boleh membuat 2 kartu kredit aktif saja meski tidak ada batasan bagi seseorang untuk memiliki kartu kredit berapa pun jumlahnya. Dengan hanya memiliki 2 kartu kredit, anda juga tidak akan latah menggunakannya untuk hal-hal yang tidak penting. Semakin banyak kartu kredit anda, maka akan semakin menumpuk hutang anda. Bayangkan anda harus membiayai kartu kredit setiap bulannya yang sebenarnya tidak anda gunakan.

  1. Perhatikan limit transaksi

Setiap pengguna kartu kredit bebas memilih limit transaksinya setiap bulan. Ini sangat penting untuk keamanan dan kenyamanan anda sebagai pengguna. Dengan adanya limit, anda bisa mengontrol berapa banyak uang yang akan anda keluarkan dalam penggunaannya. Limit transaksi ini berkaitan dengan besarnya pemasukan setiap bulan sehingga anda benar-benar paham bahwa limit transaksi ini bisa anda tanggulangi dengan pendapatan anda setiap bulan agar tidak terjadi pengeluaran lebih besar daripada pemasukan. Inilah sebenarnya yang paling dikhawatirkan oleh setiap pengguna kartu kredit sehingga memiliki batas nominal bisa merem anda untuk berfoya-foya dengan kartu kredit.

  1. Bijak dalam penggunaan

Adanya kartu kredit bisa menguntungkan anda saat berbelanja produk-produk promo dengan potongan harga yang cukup menggiurkan. Tapi tentu harus hati-hati dengan penawaran ini karena tidak semua harga diskon tersebut benar-benar anda butuhkan. Bisa jadi hanya lapar mata karena anda memiliki kartu kredit aktif dan bisa membelinya dengan beberapa penawaran menarik. Jadi benar-benar pahami kapan seharusnya kartu kredit itu tergesek dan untuk apa. Jadi tidak perlu menunggu limit transaksi baru anda berhenti berbelanja tapi benar-benar bisa menggunakannya untuk transaksi yang benar-benar penting pada saat itu.

Banyak orang pengguna kartu kredit yang akhirnya menderita karena beban hutang yang terus membengkak karena kartu kredit. Hal ini bisa membahayakan anda karena berhubungan dengan hukum dan keseimbangan finansial anda di masa depan. Jadi perhatikan beberapa batasannya agar tetap aman menggunakan kartu kredit.

You can share this post!

Comments