• Indonesia
Tips Cermat dalam Memilih Asuransi Untuk Keluarga
Asuransi

Tips Cermat dalam Memilih Asuransi Untuk Keluarga

Asuransi merupakan salah satu produk keuangan yang banyak diminati masyarakat. Asuransi mampu memberikan perlindungan atas berabagai resiko, seperti resiko kematian, kesehatan, pendidikan, kebakaran, maupun rusaknya kendaraan bermotor. Proteksi inilah yang mmebuat banyak masyarakat berlomba-lomba untuk membeli berbagai produk asuransi.

Sayangnya, ketertarikan masyarakat terhadap asuransi ini tidak didukung dengan pengetahuan yang cukup mengenai asuransi. Sebagian masyarakat hanya ikut-ikutan atau bahkan tergiur dengan para sales yang mengimingi keuntungan belaka, tanpa tahu manfaat produk yang sesungguhnya. Alhasil, semua asuransi diikuti namun tak ada manfaat yang didapat lantaran tak sesuai dengan kebutuhan.

Untuk Anda yang baru akan memulai menggunakan asuransi, sebaiknya Anda mencermati hal-hal berikut ini agar asuransi yang Anda pilih tepat guna dan bermanfaat secara maskimal untuk keluarga Anda.

Ketahui apa yang Anda butuhkan

Pertamakali yang harus Anda lakukan adalah memastikan bahwa Anda tahu betul apa yang Anda butuhkan. Misalnya Anda adalah seorang pekerja yang kerap mondar mandir menggunakan motor atau mobil setiap harinya, berarti Anda membutuhkan asuransi jiwa untuk proteksi diri Anda. Atau Anda memiliki anak kecil yang membutuhkan pendidikan di kemudian hari, Anda bisa memilih asuransi pendidikan untuk anak Anda.

Dengan mengetahui apa kebutuhan Anda, Anda akan lebih tepat dalam memilih produk asuransi  yang akan Anda beli. Selain itu perhatikan juga apakah lebih mmebutuhkan program asuransi yang terbatas namun terjamin, atau program asuransi dengan potensi pengembangan yang besar namun banyak resiko. Ini semua dapat dipilih menurut kebutuhan Anda.

Sesuaikan dengan kemampuan finansial

Jika Anda membatalkan polis di saat asuransi sudah berjalan, Anda akan mengalami kerugian yang cukup banyak. Sebagian besar kasus pembatalan polis adalah karena ketidakmampuan membauar premi asuransi yang dibebankan. Oleh karena itu untuk meminimalisir hal tersebut, Anda perlu menyesuaikan produk asuransi pilihan dengan kemampuan finansial Anda.

Jangan tergiur potensi hasil dan manfaat yang banyak namun jumlah preminya tidak terjangkau oleh finansial Anda. Lebih baik pilih premi dan jangka waktu pembayaran yang sesuai dengan kondisi keuangan agar manfaat dapat diperoleh secara maksimal.

Pilih perusahaan asuransi yang terpercaya

Setelah mengetahui kebutjhan dan juga menentukan anggaran, Anda juga harsu selektif terhadap perusahaan asuransi. Cari referensi sebanyak-banyaknya mengenai perusahaan asuransi mana yang paling terpercaya agar Anda tak salah pilih.

Pastikan perusahaan asuramsi tersebut sudha terdaftar di OJK dan belum pernah melakukan hal-hal yang merugikan masyarakat terkait dengan produk-produknya. Hindari langsung mengiyakan tawaran dari sales asuransi tanpa mempelajari perusahaan lebih mendalam.

Pelajari cara pembayaran premi dan pengajuan klaimnya

Selain mengetahui berapa premi per bulan yang harus Anda bayarkan, Anda jjuga perlu mempelajari tata cara pembayaran premi lainnya. Pilih cara yang mudah dan aman bagi keuangan Anda. Selain itu, penting juga untuk mengetahui cara pengajuan klaim asuransi tersebut. Tanyakan dengan jelas dan rinci kepada agen atau sales asuransi sebelum Anda menandatangai kontrak.

Jika klaim asuransi dirasa sulit, Anda tak perlu sungkan untuk tidak melanjutkan program asuransi yang ditawarkan. Karena klaim asuransi ini sangat penring abgi Anda nantinya ketika berabgai resiko Anda alami. Jangan sampai Anda telah membyara premi selama sekain tahun namun asuransinya tidak bisa atau sulit untuk diklaim. Hal ini tentu akan merugikan Anda.

Itulah beberapa cara memilih asuransi dengan cermat. Lakukan satu persatu stepnya agar asuransi yang Anda ikuti bisa memberikan manfaat sebesar-besarnya untuk Anda dan keluarga.

 

You can share this post!

Comments