• Indonesia
Tips Memulai Bisnis Properti dan Optimalisasinya
Properti

Tips Memulai Bisnis Properti dan Optimalisasinya

Sudah menjadi rahasia umum bahwa investasi di bidang properti akan selalu menguntugkan. Harga properti yang selalu naik dari tahun ke tahun yang membuat investasi ini semakin dilirik. Bisnis di bidang ini pun makin populer lantaran keuntungannya yang menggiurkan.

Bisnis properti membutuhkan skill komunikasi serta negosiasi yang baik agar setiap unit properti yang dijual laku di pasaran dan membuat orang tertarik untuk membelinya. Tentu saja skill ini harus dipelajari terlebih dahulu baik sebelum memulai terjun ke dalam bisnis properti maupun ketika tengah menjalaninya.

Bagi Anda yang ingin memulai usaha properti dari nol, maka Anda bisa memulainya dengan step-step berikut ini.

 

  • Lakukan jual beli tanah terlebh dahulu

 

Untuk Anda yang baru memulai usaha di lini ini, Anda bisa mulai dengan jual beli tanah atau lahan terlebih dahulu. Mulailah kerjasama dengan agen, teman atau kerabat yang memiliki tanah potensial untuk dijual. Tapi dalam melakukan kerjasama ini, Anda juga perlu menggunakan perjanjian kerjasama yang mengikat agar suatu saat jika terjadi problem akan mudah untuk menyelesaikannya.

Mulailah tentukan komisi, modal dan juga cara kerjasamanya. Jangan lupa untuk mengambil pelajaran penting dari kerjasama ini untuk bisnis properti Anda kedepannya.

Resiko jual beli tanah ini sangat kecil mengingat harga lahan akan selalu naik setiap tahunnya.  Jika usaha ini sudah berhasil Anda lakoni, maka Anda bisa lanjut dengan membeli tanah lalu dibuat kavling atau bisa juga dengan membangun rumah kavling. Tahapan ini akan membuat Anda bisa terus berkembang ke tahap selanjutnya hingga memperoleh keuntungan bisnis yang berlipat.

 

  • Menjadi agen properti

 

Anda juga bisa memulai usaha ini dengan menjadi agen properti terlebih dahulu. Dengan menjadi agen properti, Anda akan memiliki banyak pengalaman tentang seluk beluk dunia properti. Akan ada banyak link dan koneksi yang Anda dapatkan sehingga mempermudah bisnis Anda nantinya.

Anda juga akan banyak bertemu dengan pengusaha properti yang bisa Anda pelajari cara suksesnya. Jangan lupa menjaga nama dan reputasi Anda agar bisnis properti bisa Anda mulai dengan langkah yang baik.

 

  • Manfaatkan media online

 

Jika link atau jaringan Anda masih minim, Anda bisa memulai dengan menggunakan promosi online. Manfaatkan media sosial untuk menawarkan produk tanah atau properti Anda. Dengan cara ini, Anda akan lebih mudah menemukan banyak klien dari mana saja sehingga nama Anda akan semakin dikenal. Promosi secara online juga lebih menghemat waktu dan tenaga Anda.

Setelah mengetahui langkah untuk terjun di bisnis properti Anda juga perlu tahu tips apa saja yang bisa Anda coba agar sukses menjalaninya. Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda coba.

 

  • Jujur

 

Hal paling utama yang perlu ada dalam bisnis properti adalah kejujuran. Jujur tentang kondisi tanah, harga tanah, serta seluk beluk tanah lainnya yang memang sedikit rumit. Jujur dan komunikasikan apa adanya pada klien Anda supaya klien merasa tenang dan aman. Kejujuran akan membuat klien percaya dan akhirnya membawa kesuksesan pada bisnis Anda.

 

  • Pintar mengambil peluang

 

Anda juga perlu pandai dalam mengambil peluang apa saja yang muncul dari bisnis ini. Carilah lahan yang harganya terjangkau namun strategis untuk dijual kembali dengan harga yang potensial. Dengan memanfaatkan peluang yang ada, Anda akan memperoleh keuntungan yang besar dalam bisnis Anda.

 

  • Cari link sebanyak-banyaknya

 

Hal lain yang tak kalah penting dalam bisnis ini adaalh link atau jaringan. Oleh karena itu carilah link sebanyak-banyaknya untuk memperbesar peluang Anda sukses dalam menjalankan bisnis properti.

 

You can share this post!

Comments