• Indonesia
Tips Mencari Kontrakan Nyaman, Properti yang Tak Lekang oleh Waktu
Properti

Tips Mencari Kontrakan Nyaman, Properti yang Tak Lekang oleh Waktu

Rumah kontrakan atau sewa hampir selalu banyak peminatnya. Properti yang tak lekang oleh waktu ini sering kali dicari oleh pasangan yang baru menikah, mahasiswa atau keluarga yang belum mampu membeli rumah sendiri. Kalau kamu termasuk salah satunya, pastikan kamu membaca tips mencari kontrakan nyaman di sini sampai tuntas.

Usaha kontrakan kian berkembang dari tahun ke tahun. Terutama di wilayah perkotaan besar, kawasan kampus dan perkantoran. Harga rumah hunian yang terus melonjak naik dan terbatasnya lahan terbuka membuat orang-orang lebih memilih untuk menyewa rumah sampai mereka mampu membeli rumah sendiri.

Jangan Keliru, Pahami Tips Mencari Kontrakan Nyaman dalam Waktu Singkat Berikut Ini!

Mendapatkan kontrakan yang nyaman menjadi tantangan tersendiri bagi pasangan yang baru menikah atau mahasiswa baru. Mulai dari letak, fasilitas, akses dan harganya. Kadang kala menjadi permainan bagi oknum tertentu. Supaya kamu nggak salah pilih, yuk pahami tips berikut ini!

1. Tentukan Lokasi yang Tepat

Tak harus di dalam pusat kota, kontrakan di pinggir kota pun terbilang cukup strategis. Yang terpenting memiliki kemudahan akses menuju tempat-tempat penting dan fasilitas umum. Seperti pasar tradisional, minimarket, halte, apotek, kantor pemerintahan, fasilitas kesehatan dan sekolahan.

Kemudahan akses ini sangat mempengaruhi pengeluaran hidup kamu sehari-hari. Jika jarak kontrakan dengan fasilitas tersebut terlalu jauh, tentu butuh banyak waktu, tenaga dan biaya untuk menjangkaunya. Namun, jika jaraknya dekat, kamu bisa menghemat pengeluaran.

2. Cek Fasilitas Utama

Sebuah rumah yang layak huni wajib memiliki deretan fasilitas ini. Mulai dari kamar tidur untuk istirahat, kamar mandi atau toilet untuk mandi, cuci dan kakus, dapur untuk memasak, garasi untuk menyimpan kendaraan bermotor, tempat menjemur pakaian dan ruang tengah untuk bersantai. Sedangkan ruangan lainnya bersifat sekunder.

Jika rumah kontrakan yang tengah kamu survei tidak memiliki semua fasilitas wajib tersebut, maka sebaiknya pertimbangkan dulu tips mencari kontrakan nyaman ini sampai matang. Karena kamu akan menempatinya dalam waktu yang panjang, jadi pastikan untuk mengutamakan kenyamanan!

3. Amati Kondisi Bangunan

Ada beberapa tipe kontrakan. Namun, yang paling umum ialah kontrakan rumah biasa dan kontrakan petakan. Secara luas, tentu lebih luas kontrakan rumah biasa. Namun, kadang kala kontrakan petakan juga disertai furnitur dan fasilitas tambahan dari pemiliknya yang akan membuat Anda tergiur. Seperti, free Wi-Fi, listrik dan air serta di dalamnya sudah terdapat kasur, lemari, meja dan karpet.

Akan tetapi, kalau kamu pandai dalam mencari, ada loh kontrakan rumah biasa yang sudah termasuk perabotan. Jadi, kamu cukup membawa baju saja, lebih hemat, kan?!

Sayangnya selain fasilitas tersebut, kamu juga harus mempertimbangkan kondisi bangunannya. Bagaimana bentuk dan struktur pondasinya, dinding, bagian atapnya, ventilasi dan lain sebagainya. Jangan hanya memilih yang murah, tapi lihat dulu bangunannya, apakah layak huni?

3. Lihat Sikap Tetangga

Bila tiga poin di atas sudah kamu praktekkan, maka jangan lupa pada poin ke-4 ini. Jangan main-main soal tetangga, keberadaannya akan memberikan pengaruh besar pada kita. Tetangga yang ramah dan bersikap kekeluargaan tentu akan membuat kamu nyaman tinggal di sekitarnya. Namun, bagaimana jika kenyataannya sebaliknya?

Tetangga yang cuek, suka nyinyir dan mengusik hidup sangatlah harus dihindari agar kondisi psikismu tetap sehat. Oleh karena itu, saat survei nanti, tanyakan pula kondisi tetangga sekitar pada pemilik kontrakan atau iseng saja berjalan-jalan di sekitarnya sambil mencari narasumber yang recommended untuk diajak ngobrol.

Pastikan tips mencari kontrakan nyaman ini kamu pahami dengan baik, ya! Tetaplah semangat walau rumah masih kontrak, yang penting bisa hidup nyaman dan bahagia!

You can share this post!

Comments