• Indonesia
Tips Meningkatkan Profit Saham
Artikel

Tips Meningkatkan Profit Saham

Menghasilkan keuntungan adalah tujuan akhir dari semua investor saham. Tapi banyak investor yang asal berinvestasi dan akhirnya malah rugi cukup besar. Jadi Anda harus tahu bagaimana cara menghasilkan keuntungan di pasar saham.

Jika tidak, Anda akan berakhir dengan kerugian. Pertama-tama, Anda harus memiliki rencana investasi sehingga tahu apa saja saham yang perlu dibeli, berapa banyak dan kapan membelinya. Berikut ini adalah tips untuk meningkatkan profit.

Kondisi Investasi Saham

Anda harus terhindar dari membeli saham yang sedang digoreng dan kemudian jatuh. Bursa saham adalah cerminan dari kinerja ekonomi suatu negara. Bila kondisi ekonomi negara membaik, bursa saham juga akan naik.

Maka berinvestasi saat kondisi ekonomi sedang cerah, berarti berinvestasi saat kondisi eksternal mendukung. Hal tersebut akan meningkatkan potensi profit pada investasi saham Anda. Kerjakan tugas Anda sebagai investor.

Beli Saham Befundamental

Lakukan analisis perusahaan sebelum membeli sahamnya. Bukan terbalik membeli sahamnya dulu, baru bingung mencari informasi tentang perusahaannya. Jika Anda melakukan pekerjaan rumah sebagai investor ini, besar kemungkinan Anda akan bisa mencari perusahaan terbaik untuk berinvestasi.

Saham berfundamental baik, tentu lebih memiliki potensi naik karena umumnya harga saham mengikuti kinerja perusahaannya. Biasanya adalah saham second liner (lapis kedua) atau third liner (lapis ketiga). Saham dari perusahaan kedua atau ketiga yang berfundamental baik, biasanya memiliki potensi pertumbuhan yang lebih besar daripada perusahaan besar (blue chip).

Cari Perusahaan Berpotensi Tumbuh

Potensi kenaikan harga juga lebih besar. Tapi hati-hati karena saham lapis kedua dan ketiga ini biasanya memiliki fluktuasi harga yang lebih tinggi, sehingga risikonya lebih besar daripada saham blue chip.

Strategi mencari perusahaan yang memiliki potensi pertumbuhan tinggi ini dinamakan growth investing. Belilah saham dari perusahaan berfundamental baik yang sedang terdiskon, bukan saham perusahaan busuk yang memang murahan.

Jangan Beli Saham Murahan

Banyak investor yang terjebak membeli saham karena hanya tergiur harganya murah, tapi ternyata perusahaan tersebut bermasalah. Membeli saham perusahaan busuk, lebih besar potensinya untuk rugi daripada untung.

Strategi mencari saham berfundamental baik yang sedang terdiskon ini disebut dengan value investing. Perusahaan yang rajin memberikan dividen pada pemegang sahamnya umumny adalah perusahaan yang fundamentalnya baik.

Cari Perusahaan Dividen

Dividen bisa kita investasikan kembali (dibelikan saham lagi). Jika dilakukan terus, dividen yang diinvestasikan kembali juga bisa mmeberikan hasil investasi yang lumayan. Strategi mencari perusahaan yang rajin membagi dividen dinamakan income investing.

Kuncinya adalah Anda tidak perlu takut pada fluktuasi harga saham. Justru fluktuasi harga adalah kesempatan bagi investor untuk membeli saham befundamental baik di harga diskon. Selama kondisi pasar saham, ekonomi perusahaan masih mendukung.

You can share this post!

Comments