• Indonesia
Tips Mudah Untuk Menumbuhkan Rasa Gemar Menabung Bagi Anak
Keuangan

Tips Mudah Untuk Menumbuhkan Rasa Gemar Menabung Bagi Anak

Pernahkah kamu merasa bahwa anak sangat sulit untuk diajak menabung? Tentu wajar saja karena pemikiran anak masih belum memikirkan apapun kecuali uang jajannya sendiri. Disinilah tugas orang tua untuk memberikan pendidikan secara dini tentang pentingnya menabung dan mengatur keuangan.

Sebelumnya, kamu harus tahu, apa saja keuntungan bagi anak yang diajarkan menabung sejak dini. Berikut beberapa diantaranya:

1. Pintar Mengatur Keuangan

Ketika anak menabung dalam jangka waktu tertentu lalu kamu buka tabungannya, pastikan uang tersebut untuk membeli apa yang diinginkan anak. Disitulah sang anak akan merasa, ia mampu membeli apa yang diinginkan tanpa meminta orang tua dan akan meneruskan menabungnya.

2. Bisa Hidup Lebih Hemat

Kebiasaan menyisihkan uang setiap harinya akan menjadikan ia hidup hemat di masa depan. Ia tahu bahwa tidak semua uangnya harus ia habiskan saat itu juga. Ada sebagian uang yang harus ia tabung dan ia gunakan untuk keinginannya yang tidak bisa ia beli sekarang.

3. Tidak Suka Berfoya-foya

Gaya hidup suka berfoya-foya tentu akan menghabiskan banyak uang. Hindarkan anak sejak dini dengan hidup yang penuh dengan menghamburkan uang. Hal ini bertujuan untuk bisa hidup hemat di masa depan.

Cara Anak Supaya Sadar Akan Pentingnya Menabung

Tenang saja bagi para orangtua yang sedang kesulitan untuk mengatur anaknya supaya mau menabung sebaiknya ikuti langkah berikut:

1. Awali Dengan Memaksa

Kamu bisa memaksakan anak untuk menyisakan uang jajannya setiap hari agar bisa ditabung. Meskipun awalnya berat, lama kelamaan anak pasti akan mulai terbiasa. Jika sudah terbiasa, kamu akan mudah mengaturnya.

2. Jangan Pakai Kekerasan

Mungkin ada diantara kamu yang merasa jika mengajari dengan cara yang keras maka hasilnya akan terlihat. Tidak juga loh, karena beberapa anak malah merasa orang tuanya jahat dan pelit. Paksa dengan lembut sambil memberi arahan dan contoh akan lebih baik.

3. Tidak Memanjakan Anak

Sebagai orang tua pasti akan susah sekali untuk menolak apa yang diminta oleh anak. Ada baiknya jika sebagai orang tua mulai memfilter, apa yang dimnta anak, dengan tidak mengabulkan apa yang sekiranya tidak perlu. Dengan begitu, maka anak akan bisa lebih terkontrol keinginannya.

4. Jangan Terlalu Pelit Dengan Uang Jajan

Bukannya malah membuat anak bisa hemat di masa depan, bisa jadi anak dendam dan mencuri orang tua. Hal ini karena merasa orang tua memiliki uang untuk memenuhi keinginannya namun tidak langsung diberikan. Sebaiknya beri uang jajan anak secukupnya, tidak lebih dan kurang.

5. Belikan Celengan Lucu

Celengan yang lucu bisa dijadikan motivasi oleh anak untuk menabung. Kamu bisa belikan celengan sesuai dengan apa yang diinginkan oleh para anak baik karakter ataupun bentuk yang ia mau. Pastinya, anak akan suka akan tabungan semacam ini.

Nah itu dia, cara untuk anak bisa gemar menabung sejak dini. Kamu bisa lakukan beberapa cara di atas atau bisa juga dengan mengambil langkah lainnya. Jika memang caramu berhasil, tidak ada salahnya loh untuk sharing ke beberapa orang tua lainnya supaya bisa membantu.

Jadi, jangan sampai putus asa mengajak anak menabung dan mengatur keuangan sejak dini. Semakin anak terbiasa menabung, semakin ringan ia melakukannya. Pastikan kamu tidak pernah memaksakan anakmu menabung dengan kekerasan ya karena hal itu akan menjadi trauma tersendiri pada anak.

You can share this post!

Comments