• Indonesia
Usaha Kuliner Rumahan Masih Eksis di Era New Normal
Peluang Usaha

Usaha Kuliner Rumahan Masih Eksis di Era New Normal

Sepertinya terdengar sangat receh menjalankan bisinis kuliner rumahan. Namun, jangan anggap remeh usaha yang satu ini. Kesuksesan dapat diraih dari jalan mana saja asal anda mau menekuninya dan mau mengembangkannya.

Usaha kuliner rumahan memang tak sekeren resto – resto yang terbangun megah di pinggiran jalan maupun di hotel – hotel ternama. Namun usaha ini cukup menghidupi di masa pandemi bahkan sampai new normal era tiba.

Hal ini dibuktikan dengan masih banyaknya usaha kuliner rumahan yang masih tetap eksis dan bertahan bahkan semakin laris dan sukses. Hal ini cukup menjadi bukti bahwa usaha yang satu ini bukan lagi usaha musiman selama pandemic.

Alasan Bisnis Kuliner Rumahan Masih Tetap Bertahan

Usaha kuliner rumahan dianggap cukup membantu bagi para pelanggannya. Selain produk, jasa antar yang ditawarkan cukup memudahkan pembeli untuk mendapatkan makanan yang mereka inginkan. Tanpa harus repot mendatangi penjual, pembeli hanya memesannya via aplikasi maupun WA saja. Pasalnya, sekarang banyak pelaku bisnis kuliner rumahan yang menggandeng aplikasi untuk urusan delivery produknya untuk sampai ke tangan pelanggan.

Selain aksesnya yang mudah untuk mendapatkan produk makanan yang dibutuhkan, pelanggan kuliner rumahan juga dapat leluasa memilih menu yang disediakan oleh penjual. Makananpun fresh karena made by order, bukan makanan yang sudah dimasak terlebih dahulu baru menunggu pelanggan membeli.

Alasan lain yang pelanggan tuturkan mengenai pengalaman membeli makanan di kuliner rumahan adalah soal pelayanan, kualitas dan keunikan produk yang berciri khas tersendiri. Hal ini biasanya karena saking kreatifnya pemilik usaha kuliner rumahan.

Keuntungan Menjalankan Bisnis Kuliner Rumahan

Munculya ide baru dalam berbisnis ialah keuntungan secara ekonomi yang mampu menutupi kebutuhan hidup seseorang. Kemunculan usaha – usaha baru termasuk menjalankan bisnis kuliner rumahan juga merupakan ide baru yang muncul karena adanya kondisi tertentu yang terjadi pada perubahan ekonomi masyarakat kita.

Keuntungan menjalankan usaha ini adalah dapat menjangkau pasar secara luas melalui iklan – iklan di media sosial. Anda hanya perlu meningkatkan promosi dan iklan saja maka pembeli akan order by online.

Keuntungan lain datang dari tidak adanya biaya sewa tempat usaha. Karena anda melakukan bisnis dari rumah, maka anda tidak perlu menyewa tempat usaha untuk menjajakan produk kuliner anda. Dengan begitu, keuntungan secara maksimal bisa anda raup dengan mudah.

Sementara itu, pelanggan sudah nyaman dengan memesan makanan secara online dari pada harus keluar rumah untuk membeli makanan. Hal inilah yang menjadi alasan mendasar usaha kuliner rumahan disinyalir akan tetap eksis di new normal era maupun setelah pandemic nantinya.

Adapun daftar bisnis kuliner yang bisa anda kerjakan adalah sebagai berikut :

  1. Makanan ringan / snack atau camilan.
  2. Masakan olahan seperti sup patin, iga bakar dll.
  3. Lauk pauk seperti bergedel, ikan goreng dan menu lain yang biasa dibutuhkan masyarakat untuk lauk.
  4. Sayur matang, sayur apa saja yang biasa dipesan orang sibuk untuk makan pagi dan siang.
  5. Kueh basah dan kueh kering.
  6. Makanan cepat saji / kaleng.
  7. Makanan khas daerah gudeg, empal, masakan padang dan makanan lain yang sering dikangeni oleh masyarakat karena lama tak berkunjung ke daerah asal makanan tersebut dibuat.

Contoh makanan tersebut bisa anda jadikan produk yang nantinya akan anda tawarkan melalui media sosial dan aplikasi whatsapp. Dengan begitu, maka pasar anda semakin luas dan anda akan menyandang brand sebagai penjual makanan rumahan yang siap antar kapan saja.

 

You can share this post!

Comments