• Indonesia
Yuk Kenali Produk Investasi yang Aman dan Murah Bagi Pemula Ini!
Artikel

Yuk Kenali Produk Investasi yang Aman dan Murah Bagi Pemula Ini!

Siapa sih yang tidak ingin mempunyai penghasilan banyak dengan sedikit kerja keras? Dalam ilmu ekonomi, hal tersebut terkenal sebagai motif ekonomi. Memperoleh keuntungan sebesar mungkin dengan pengorbanan sekecil-kecilnya.

Kamu tahu bagaimana cara memperoleh hal di atas? Berinvestasilah di sesuatu yang murah dan aman. Tambahan syarat bagi yang muslim, investasi halal menjadi jawabannya.

Investasi tidak sama dengan menabung. Kalau kamu menabung, artinya kamu mengumpulkan uang dan mengambil sejumlah yang sudah kamu kumpulkan di waktu tertentu. Sedangkan investasi berarti kamu mengumpulkan sejumlah uang dan dalam jangka waktu tertentu kamu akan mendapatkan kembali uang yang dikumpulkan ditambah keuntungan.

Sekarang ini banyak investasi yang ditawarkan dengan berbagai kelebihan dan kekurangannya. Namun, untuk keamanan, selain jaminan dari lembaga keuangan kamu juga harus mencari yang tidak beresiko tinggi.

Bagaimana cara mengetahui sebuah investasi sesuai syarat aman dan murah? Kamu harus mengetahui produk yang ditawarkan. Di bawah ini beberapa produk yang dimaksud dan bagus untuk pemula dengan mosal kecil.

  1. Logam Mulia

Logam mulia merupakan investasi yang banyak dilakukan oleh perempuan.

Beberapa menganggapnya sama dengan mengumpulkan perhiasan emas. Padahal tidak demikian. Investasi logam mulia yang bagus adalah membeli emas batangan.

Mengapa? Karena ketika kamu membeli emas perhiasan ada ongkos bikin dalam jumlah yang dibayarkan. Saat dijual, dana yang diterima akan dipotong ongkos bikin tersebut. Sementara untuk emas batangan tidak.

Emas batangan yang kini banyak dijual adalah produksi Antam lengkap dengan sertifikat keasliannya. Banyak marketplace ternama menjualnya mulai dari 1 gram hingga 1 kg. Bahkan, di Pegadaian dan beberapa bank kamu dapat membeli emas ini dengan cara mencicil.

Jika membutuhkan uang, emas batangan akan dapat dijual atau digadaikan sesuai harganya pada saat itu. Ya, emas merupakan jenis investasi yang tahan inflasi.

  1. Deposito

Deposito merupakan nama lain dari tabungan berjangka. Sebuah tabungan yang hanya dapat diambil dalam jangka waktu tertentu yang disepakati.

Namun, biasanya deposito memberikan bunga yang cukup besar dibandingkan tabungan biasa. Oleh karena itu, ketika diambil hasilnya akan lebih banyak dariapda uang yang ditabungkan. Itu sebabnya deposito termasuk bagian dari produk investasi.

Saat ini, untuk membuat deposito kamu tidak harus memiliki jutaan. Beberapa bank memberikan syarat minimal Rp500.000,00, bahkan ada yang Rp100.000,00. Caranya juga dipermudah dengan produk deposito online. Semakin besar jumlah yang didepositokan dan semakin lama jangka waktu yang dipilih, bunga yang diberikan bertambah besar proporsinya.

  1. Reksadana

Reksadana berarti kamu menginvestasikan sejumlah dana tertentu kepada pihak lain untuk dikelola dan mendapatkan keuntungan. Biasanya, manajer reksadana yang kebanyakan bank sering menggunakannya untuk modal berbagai jenis usaha untuk mengurangi berbagai resiko.

Untuk berinvestasi dengan reksadana saat ini sangat mudah dan murah. Bagi yang ragu dalam penggunaan modal, ada reksadana syariah. Yang penting diperhatikan ketika kamu akan berinvestasi adalah lembaga keuangan terpercaya.

  1. Investasi Saham

Saham secara sederhana diartikan sebagai surat berharga tanda kepemilikan perusahaan. Dengan memiliki saham artinya kamu menyetorkan modal kepada perusahaan. Selanjutnya, ketika perusahaan mengalami keuntungan kamu juga akan mendapatkan bagian sesuai prosi saham yang dimiliki.

Hanya dengan uang seratus ribu rupiah saja bahkan kurang kamu dapat berinvestasi saham. Bagi umat Islam ada juga saham syariah.

Itulah 4 produk investasi, mudah, murah, aman, dan tidak beresiko tinggi yang dapat kamu miliki. Selain empat hal tersebut, ada pula investasi P2P, valuta asing atau valas, obligasi, dan properti yang juga disebut sebagai murah dan aman.

Yang terpenting, cermati produk sebelum memutuskan untuk berinvestasi untuk menghindari kerugian. Selamat mencoba dan semoga sukses!

You can share this post!

Comments