5 Manfaat Ikan bagi Kesehatan Jantung, Kandungan Asam Lemak Omega-3 Bantu Relaksasi Pembuluh Darah

Avatar photo

- Pewarta

Kamis, 10 Agustus 2023 - 15:28 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Asam lemak omega-3 dalam ikan dapat membantu menjaga irama jantung yang sehat dan mengurangi risiko aritmia. (Pexels/RDNE Stock project)

Asam lemak omega-3 dalam ikan dapat membantu menjaga irama jantung yang sehat dan mengurangi risiko aritmia. (Pexels/RDNE Stock project)

HARIANINDONESIA.COM – Ikan merupakan sumber makanan yang kaya akan nutrisi, terutama asam lemak omega-3 yang bermanfaat bagi kesehatan jantung.

Namun, penting untuk mencatat bahwa manfaat ini terkait dengan konsumsi ikan sebagai bagian dari pola makan sehat secara keseluruhan.

Disarankan untuk mengonsumsi berbagai jenis ikan yang rendah merkuri dan menghindari penggorengan atau pengolahan ikan dengan tambahan lemak jenuh yang tinggi, seperti gorengan.

Berikut adalah beberapa manfaat ikan bagi kesehatan jantung:

1. Asam lemak omega-3

Ikan, terutama ikan berlemak seperti salmon, sarden, dan tuna, mengandung asam lemak omega-3, seperti asam eicosapentaenoic (EPA) dan asam docosahexaenoic (DHA).

Baca artikel menarik lainnya, di sini: Nomor 7 Bandingkan dengan Produk Lain, Inilah 10 Tips Menulis Review Fashion yang Informatif dan Menarik

Asam lemak omega-3 ini memiliki sifat antiinflamasi dan antikoagulan yang dapat membantu menjaga kesehatan pembuluh darah.

Juga menurunkan peradangan, dan mencegah penggumpalan darah yang berpotensi menyebabkan serangan jantung atau stroke.

2. Menurunkan tekanan darah

Konsumsi ikan secara teratur juga dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Asam lemak omega-3 dalam ikan dapat membantu merelaksasi pembuluh darah.

Sehingga meningkatkan aliran darah dan mengurangi tekanan pada arteri. Ini dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung, termasuk hipertensi.

3. Menurunkan kadar trigliserida

Trigliserida adalah jenis lemak dalam darah yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung jika kadar mereka terlalu tinggi.

Konsumsi ikan yang kaya akan asam lemak omega-3 dapat membantu menurunkan kadar trigliserida dalam darah, menjaga keseimbangan lemak dalam tubuh, dan mengurangi risiko penyakit jantung.

After 19
Rilisbisnis.com mendukung program publikasi press release di media khusus ekonomi & bisnis untuk memulihankan citra yang kurang baik ataupun untuk meningkatan reputasi para pebisnis/entrepreneur, korporasi, institusi ataupun merek/brand produk.

4. Mencegah aritmia jantung

Aritmia adalah gangguan irama jantung yang dapat menyebabkan detak jantung yang tidak normal.

Asam lemak omega-3 dalam ikan dapat membantu menjaga irama jantung yang sehat dan mengurangi risiko aritmia.

5. Meningkatkan profil lipid

Konsumsi ikan yang kaya akan asam lemak omega-3 dapat meningkatkan profil lipid dalam darah, termasuk meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dan mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL).

Hal ini dapat membantu menjaga keseimbangan lemak dalam tubuh dan mengurangi risiko penyakit jantung.***

Berita Terkait

Sudah Ikhtiar ke Mana-mana Namun Belum Sembuh? Gunakan BioSaver Card 5758 untuk Solusi Kesehatan Anda
Termasuk untuk Tingkatkan Kesehatan Mata, Inilah 7 Manfaat Konsumsi Jambu
Termasuk untuk Tingkatkan Kesehatan Mata, Inilah 7 Manfaat Mengonsumsi Jambu
Jasasiaranpers.com dan media online ini mendukung program manajemen reputasi melalui publikasi press release untuk institusi, organisasi dan merek/brand produk. Manajemen reputasi juga penting bagi kalangan birokrat, politisi, pengusaha, selebriti dan tokoh publik.

Berita Terbaru